Sukses

Kenalkan Yogita Raghuvanshi, Sopir Truk Wanita Pertama di India

Liputan6.com, India - Seorang wanita di India menjadi perbincangan viral lantaran kisah inspiratifnya dalam melawan stereotip.

Yogita Raghuvanshi adalah orangtua tunggal yang memiliki dua anak. Ia harus bekerja sekaligus mengurus kedua anaknya sendirian karena suaminya meninggal dalam kecelakaan.

Yogita menjadi sopir truk wanita pertama di India. Menjadi sopir truk selalu identik dengan laki-laki. Tetapi, ia berhasil melawan stereotip itu dan menunjukkan bahwa wanita mampu melakukannya.

Selama 15 tahun berkarir, tidak mudah baginya untuk menjalani hal itu. Dari budaya hingga sosial, banyak hambatan yang dilaluinya dan terkadang tidak sesuai dengan imajinasinya.

Yogita harus rela bermalam di truk, memasak di pinggir jalan, dan mengemudi selama berhari-hari. Namun, ia harus bertahan untuk menafkahi keluarganya.

2 dari 6 halaman

Orangtua Tunggal

Sebagai orangtua tunggal, Yogita harus mengurus kedua anaknya Yashika dan Yashwin yang masih kecil. Suaminya meninggal pada tahun 2003 dalam kecelakaan.

Awalnya, ia mempekerjakan orang lain sebagai sopir. Namun, hal itu membuat dirinya merugi dan memutuskan untuk mengambil alih pekerjaan itu.

3 dari 6 halaman

Ditentang Keluarga

Keputusannya itu membuat keluarganya sangat menentang. Sebab, Yogita adalah seorang wanita yang dianggap sulit melakukan pekerjaan sebagai sopir truk.

Tetapi, ia terus melawan untuk memperjuangkan keputusannya. Hingga akhirnya ia berhasil melawan stereotip sopir truk adalah profesi laki-laki.

4 dari 6 halaman

Dulunya Pengacara

Sebelum menjadi sopir truk, wanita 33 tahun itu merupakan seorang pengacara yang berkualifikasi. Banyak orang yang bertanya-tanya terkait keputusannya berhenti sebagai pengacara untuk menjadi sopir truk.

"Jika saya memilih menjadi junior untuk beberapa pengacara, saya tidak hanya akan mendapat sedikit uang untuk tahun-tahun awal. Tapi, saya belajar bahwa mengemudikan truk berarti upah instan dan stabilitas," tuturnya kepada Her Story, dikutip dari International Business Times, Selasa (11/5/2021).

5 dari 6 halaman

Bagian dari Kampanye

Sampai saat ini, banyak individu yang tidak percaya bahwa dirinya telah menjalani pekerjaan ini selama 15 tahun.

Kini, ia telah menginspirasi banyak orang dan membuat dirinya menjadi bagian dari kampanye Shell India's Great Things Happen When You Move. Saat ini, Yogita telah memiliki perusahaan bernama Rajhans Transport.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: