Sukses

6 Hal yang Akan Terjadi Jika Anda Rutin Berjalan Kaki Selama 30 Menit Setiap Hari

Berikut beberapa hal yang akan terjadi pada tubuh jika Anda rutin berjalan kaki selama 30 menit setiap harinya.

Liputan6.com, Jakarta - Berjalan kaki merupakan kegiatan yang pasti dilakukan semua individu setiap harinya. Namun tak sekedar aktivitas biasa, faktanya jalan kaki termasuk kegiatan olahraga sederhana yang bisa Anda lakukan kapan saja dan di mana saja.

Namun, tak banyak yang menyadari bahwa berjalan kaki dapat memberikan segudang manfaat untuk kesehatan. Terlebih lagi jika Anda melakukannya secara rutin selama 30 menit setiap hari. Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan tanpa disadari.

Melansir dari Purewow, Kamis (25/3/2021), berikut beberapa hal yang akan terjadi pada tubuh jika Anda rutin berjalan kaki selama 30 menit setiap harinya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Membakar 150 Kalori

Bergantung pada berat badan dan kecepatan berjalan Anda, kemungkinan besar Anda akan membakar sekitar 150 kalori setiap kali Anda berjalan kaki selama setengah jam.

Jadi, jangan khawatir jika Anda ingin makan camilan kesukaan Anda.

3 dari 7 halaman

2. Memperbaiki Suasana Hati

Berjalan kaki dapat membuat suasana hati meningkat dan tubuh menjadi lebih rileks dan santai. Untuk pengalaman yang lebih dalam, Anda dapat unduh aplikasi meditasi dan dengarkan meditasi tersebut ketika berjalan kaki.

4 dari 7 halaman

3. Mencegah Varises

Berjalan secara teratur telah terbukti membantu mengurangi munculnya dan rasa sakit pada varises, menurut Cleveland Clinic. Pastikan Anda berjalan kaki menggunakan alas kaki yang nyaman.

5 dari 7 halaman

4. Meningkatkan Sistem Pencernaan

Setelah makan makanan berat, jangan duduk di sofa depan TV atau berbaring sambil memantau media sosial.

Berjalan kaki selama 30 menit akan membantu saluran pencernaan Anda bergerak dan menjaga kadar gula darah Anda lebih stabil menurut The New York Times.

6 dari 7 halaman

5. Lebih Kreatif

Saat Anda berjalan kaki bawalah buku catatan. Anda akan terkejut betapa mudahnya ide-ide kreatif muncul saat Anda sedang bepergian dan menjernihkan pikiran Anda dengan berjalan kaki selama 30 menit.

7 dari 7 halaman

6. Lebih Bugar

Setelah beberapa minggu melakukan rutinitas ini, jalan kaki setengah jam akan terasa sangat ringan untuk Anda.

Anda bahkan mungkin terinspirasi untuk naik ke level berikutnya dan mencoba lari atau bersepeda selama 30 menit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.