Sukses

Lakukan 4 Hal Ini untuk Hilangkan Bau Mulut di Pagi Hari

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang yang mengalami bau mulut saat bangun tidur di pagi hari. Hal itu tentu membuat Anda dan pasangan tidak nyaman, bahkan merasa malu. Ternyata ada kebiasaan sehari-hari yang dapat menjadi penyebab mulut menjadi bau. 

Salah satu faktor yang sering diketahui sebagai penyebab mulut bau yaitu jarang menyikat gigi setiap hari. Tak hanya itu, masih ada hal lain yang menyebabkan napas kurang segar dan timbul bau.

Seperti kondisi mulut kering saat tidur karena sedikit memproduksi air liur. Diketahui, air liur berfungsi untuk membasuh bakteri yang menyebabkan bau mulut. Seseorang yang memiliki penyakit asam lambung juga sering kali mengalami bau mulut.

Namun ada beberapa hal yang dapat Anda hindari untuk menghilangkan bau mulut di pagi hari, dilansir dari Bright Side berikut ulasannya.

2 dari 6 halaman

1. Jangan Pakai Obat Kumur Setelah Sikat Gigi

Obat kumur bermanfaat agar napas menjadi segar dalam waktu yang singkat. Tetapi, hindari menggunakan obat kumur setelah menyikat gigi. Obat kumur membuat kondisi mulut menjadi kering karena mengandung alkohol.

Hal itu sangat memengaruhi produksi air liur menjadi sedikit di malam hari. Diketahui, saat malam hari, tubuh memproduksi air liur yang sedikit. Sehingga sel-sel mati yang menumpuk di lidah dan gusi tidak hilang. Kemudian hal ini yang justru menyebabkan mulut menjadi bau saat bangun tidur.

3 dari 6 halaman

2. Jangan Tidur dengan Mulut Terbuka

Tidur dengan mulut terbuka menandakan seseorang menggunakan mulutnya juga untuk bernapas. Kondisi ini menyebabkan mulut menjadi kering dan membuat bakteri menetap. Selain bau mulut, bernapas melalui mulut juga dapat menyebabkan kerusakan gigi dan gusi berdarah.

Sebab saat mulut digunakan untuk bernapas, keseimbangan pH mulut akan terpengaruh. Jenis bakteri di area mulut juga menjadi berubah. Biasakan untuk tidak tidur dengan mulut terbuka untuk mengatasi bau mulut.

4 dari 6 halaman

3. Hindari Minum Kopi

Minum secangkir kopi di pagi hari seperti sudah menjadi kewajiban bagi sebagian orang. Minum kopi bermanfaat untuk meningkatkan kerja fisik. Sehingga minum di pagi hari dianggap sebagai waktu yang tepat sebelum memulai aktivitas.

Di satu sisi, kopi dapat menyebabkan napas menjadi bau saat pagi hari. Kopi memiliki efek mengeringkan mulut. Hal itu membuat tubuh sedikit memproduksi air liur. Kopi yang ditambah susu juga akan memicu bau mulut, karena produk susu sering membuat bau mulut.

5 dari 6 halaman

4. Rutin Membersihkan Lidah

Lidah dapat menampung bakteri yang membuat napas menjadi bau. Bakteri di mulut akan berkembang biak jika tidak membersihkan permukaan lidah. Hal ini membuat mulut menjadi bau saat bangun tidur di pagi hari.

Membersihkan lidah bisa dilakukan dengan menggunakan alat pengerik khusus lidah. Sekarang ini, alat pengerik lidah mudah didapatkan, sehingga tidak perlu memakai sikat gigi. Membersihkan lidah dengan sikat gigi dapat membuat Anda muntah. Selain itu, bakteri pada lidah semakin masuk ke lidah bagian dalam.

 

Penulis:

Syifa Aulia

UPN Veteran Jakarta

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: