Sukses

Awet Muda hingga Turunkan Berat Badan, 7 Hal yang Terjadi pada Tubuh Saat Anda Berciuman dengan Seseorang

Ternyata ada beberapa hal 'ajaib' yang terjadi pada tubuh saat Anda mencium seseorang

Liputan6.com, Jakarta - Mencium seseorang yang Anda cintai tidak hanya membuat Anda dan pasangan merasa nyaman dan memperkuat ikatan. Malahan, berciuman ternyata memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan.

Misalnya, Anda mungkin sedang tidak ingin mencium orang yang Anda cintai saat sakit kepala, tetapi justru itulah yang dapat membantu Anda menghilangkan rasa sakit tersebut. Tak hanya itu, berikut beberapa hal 'ajaib' yang terjadi pada tubuh saat Anda mencium seseorang seperti dilansir dari Bright Side.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Tekanan darah Anda lebih sehat

Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang lebih sering berciuman memiliki kadar kolesterol yang lebih rendah. Saat Anda berciuman, tubuh Anda mulai memproduksi lebih banyak oksitosin.

Hormon ini membantu meredakan stres dan kecemasan, yang dapat berkontribusi pada tingginya kadar kolesterol. Berciuman juga bisa membantu menurunkan tekanan darah Anda.

 

3 dari 8 halaman

2. Mengurangi alergi

Berciuman mengurangi stres dan mengisi Anda dengan emosi positif, yang dapat membantu mengurangi alergi. Namun, Anda harus ingat bahwa jika pasangan Anda memakan sesuatu yang membuat Anda alergi, hal itu dapat menyebabkan reaksi alergi.

 

4 dari 8 halaman

3. Wajah terlihat lebih muda

Banyak otot wajah yang terlibat saat Anda berciuman, sehingga mengencangkan wajah Anda seperti olahraga yang sebenarnya. Per menitnya, Anda bahkan bisa membakar hingga 26 kalori saat berciuman.

Dan karena ciuman meningkatkan aliran darah ke wajah Anda, hal itu dapat merangsang produksi kolagen dan elastin, yang dapat membantu membuat wajah Anda terlihat lebih muda.

 

5 dari 8 halaman

4. Mengurangi sakit kepala atau kram

Jika Anda mengalami sakit kepala atau kram saat menstruasi, ada baiknya untuk mencoba meredakan nyeri dengan berciuman. Berciuman melebarkan pembuluh darah Anda dan menurunkan tekanan darah Anda, sehingga bisa membantu mengurangi rasa sakit.

 

6 dari 8 halaman

5. Lebih kecil kemungkinan alami gigi berlubang

Berciuman meningkatkan produksi air liur, yang dapat melindungi gigi Anda dari bakteri berbahaya dan mencegah kerusakan gigi. Beberapa ahli juga mengatakan bahwa ion mineral dalam air liur bahkan dapat membantu memperbaiki lesi kecil pada email gigi.

Namun, kebersihan mulut Anda dan pasangan Anda sangat penting, karena ada juga bakteri penyebab gigi berlubang yang dapat berpindah saat Anda berciuman.

 

7 dari 8 halaman

6. Menurunkan berat badan

Berciuman juga membuat tubuh Anda menghasilkan lebih banyak dopamin. Jika hormon ini tidak cukup dalam tubuh Anda, Anda mungkin akan lebih banyak mengidam makanan, yang biasanya berarti Anda mungkin ingin makan sesuatu yang tidak sehat dan tinggi kalori.

Dan bahkan setelah Anda memakannya, Anda mungkin belum sepenuhnya puas. Tingkat dopamin yang lebih tinggi dapat mengontrol nafsu makan dan membantu mencegah penambahan berat badan.

 

8 dari 8 halaman

7. Tubuh terasa lebih segar dan tidak mengantuk

Dopamin juga memengaruhi tingkat energi Anda. Jika kadar dopamin Anda rendah, Anda mungkin merasa lebih lelah dan membutuhkan lebih banyak tidur dari biasanya.

Itulah mengapa berciuman dapat meningkatkan kewaspadaan tubuh Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.