Sukses

Potret Cantik Kolong Jembatan Dihiasi Mural

Mahasiswa Institut Kesenian Jakarta (IKJ) telah menyelesaikan pembuatan mural di kolong jembatan Pegangsaan, Menteng, Jakarta pada 26 Januari 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Mahasiswa Institut Kesenian Jakarta (IKJ) telah menyelesaikan pembuatan mural di kolong jembatan Pegangsaan, Menteng, Jakarta pada 26 Januari 2021.

Pembuatan mural tersebut merupakan bagian dari pembangunan taman kolong jembatan oleh Pemprov DKI Jakarta yang bertujuan untuk mempercantik kawasan bantaran kali dan sebagai ruang interaksi warga.

Pemprov DKI Jakarta memang menggandeng Fakultas Seni Rupa Institut Kesenian Jakarta (IKJ) untuk membuat mural di dinding kolong jembatan tersebut.

Sebelum ditata, Kolong Jembatan tersebut dijadikan sebagai tempat bermukim bagi para tunawisma. 

Kolong jembatan tersebut beberapa waktu lalu bahkan sempat menjadi perbincangan setelah Menteri Sosial Tri Rismaharini menjumpai tunawisma yang tinggal di sana.

Penataan kolong jembataan ini bertujuan agar lokasi tersebut tak lagi dijadikan tempat tinggal bagi para tunawisma dan pemulung. Penataan ini juga dilakukan untuk menjadikannya sebagai taman dan akses jalan bagi warga serta tempat penyeberangan orang.

Kini lokasi tersebut juga tampak sudah mulai dilintasi warga. Berbeda dengan suasana ketika masih ditempati para tunawisma, yang saat itu masih terdapat belasan rumah semi permanen di sisi kiri dan kanannya.

Tak hanya dihiasi dengan mural karya mahasiswa IKJ, kini kolong jembatan tersebut juga dilengkapi dengan taman dan kolam ikan. Ada pula akses jalan yang mempermudah warga untuk menyeberang.

Penataan kolong jembatan ini pun diharapkan dapat dimanfaatkan warga untuk berinteraksi di ruang publik yang kini bersih dan terawat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.