Sukses

5 Efek Buruk Kelebihan Konsumsi Air Lemon, Timbulkan Gerd hingga Migrain

Konsumsi air lemon berlebihan memiliki dampak negatif bagi kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta - Lemon memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Meskipun memiliki rasa yang masam, tetapi lemon banyak dikonsumsi karena baik untuk tubuh. Biasanya buah ini diolah menjadi air lemon karena caranya yang sangat mudah.

Anda hanya perlu memotong lemon, lalu potongannya itu dimasukkan ke dalam botol yang berisi air mineral. Setelah itu, Anda bisa langsung meminumnya.

Manfaat yang didapat ketika meminum air lemon, yakni mendetoks tubuh dari racun dan melancarkan kesehatan.

Lemon juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan menyehatkan kulit. Namun, nyatanya mengkonsumsi air lemon secara berlebihan tentu tidak baik bagi kesehatan. Nah, penasaran apa saja efek samping mengkonsumsi air lemon berlebihan? Berikut ulasannya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Merusak Gigi

Air lemon memiliki dampak negatif terhadap kesehatan gigi. Rasa yang sangat asam pada buah lemon dapat mengikis enamel gigi dan menjadi lebih sensitif. Hal tersebut dapat menjadi catatan bahwa konsumsi air lemon setiap hari sangat tidak baik.

Sebuah penelitian di Brasil, menunjukkan bahwa sering mengkonsumsi air lemon dalam jangka panjang bisa membuat gigi korosif. Salah satu cara mencegah hal itu, yaitu minum air lemon menggunakan sedotan. Hal itu untuk meminimalissasi paparan asam pada gigi. Penting untuk berkumur dengan air putih setelah meminumnya.

3 dari 6 halaman

2. GERD

Gastroesophageal Reflux Disorder atau GERD adalah penyakit pencernaan karena naiknya asam lambung. Asam lambung tersebut mengiritasi dinding pencernaan. Penyakit ini memiliki gejala seperti nyeri lambung, dada terasa panas dan nyeri, mual, muntah dan mulas.

Orang yang telah memiliki penyakit maag juga dapat memicu munculnya penyakit tersebut. GERD dapat disebabkan karena sering konsumsi makanan berlemak, asam dan pedas. Oleh karena itu, konsumsi air lemon setiap hari dalam jangka panjang dapat memicu timbulnya penyakit GERD. 

4 dari 6 halaman

3. Migrain

Mengonsumsi air lemon bagi sebagian individu dapat memicu penyakit migrain. Migrain adalah sakit kepala yang diiringi dengan rasa mual serta sensitif dengan suara dan cahaya. Selain karena minuman dan makanan, penyakit ini juga disebabkan karena perubahan hormonal dan stres.

Oleh karena itu, mengonsumsi banyak lemon atau dalam bentuk air lemon dapat memperburuk kondisi tersebut. Cara meminimalkannya yaitu dengan mengurangi jumlah yang dikonsumsi, seperti tidak lebih dari setengah cangkir.

5 dari 6 halaman

4. Sering Buang Air Kecil

Sebagian individu mempercayai bahwa air lemon, terutama dalam keadaan hangat dapat menyebabkan diuretik. Hal tersebut memicu peningkatan buang air kecil. Jika mengalaminya secara berlebihan maka akan membuat tubuh dehidrasi.

Hal tersebut juga memicu keluarnya elektrolit dan natrium melalui urine secara berlebihan. Lemon juga dipercaya dapat mengiritasi kandung kemih. Sehingga memicu buang air kecil terlalu sering.

Jika mengalami kondisi tersebut, hindari konsumsi air lemon terutama buah-buahan yang masam selama seminggu. Jika kondisinya kurang membaik, segera periksa ke dokter.

6 dari 6 halaman

5. Memperparah Sariawan

Sariawan adalah luka yang timbul di dalam mulut atau pada bibir. Sariawan terasa nyeri dan perih jika dibawa makan, terutama makanan pedas dan asam.

Beberapa penelitian mengatakan bahwa asam sitrat dapat menimbulkan sariawan pada mulut. Oleh karena itu, mengonsumsi lemon ketika sariawan akan memperparah dan memperbanyak luka. Sebab lemon mengandung asam sitrat. 

Penulis:

Syifa Aulia

UPN Veteran Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.