Sukses

Tuai Pro dan Kontra, Viral Aksi Keluarga Lepaskan 2 Karung Ikan Lele di Sungai

Sebuah video menunjukkan tindakan sebuah keluarga buang ikan lele ke sungai berujung pro kontra.

Liputan6.com, Jakarta - Hidangan berlauk ikan lele beserta lalapan menjadi menu favorit masyarakat Tanah Air. Apalagi bila dicocol ke sambal rasanya tambah nikmat.

Cita rasa yang khas dari ikan lele terletak pada dagingnya yang lembut dan gurih ditambah teknik menggorengnya sampai garing membuat tekstur semakin renyah.

Alih-alih membudiyakan atau menyantap ikan itu, sebuah keluarga ini memilih untuk mengembalikan ikan lele itu ke sungai yang arusnya tenang sebagai habitat aslinya. 

Akibat dari perbuatannya itu, video tersebut viral dan mengundang pro-kontra di kalangan warganet yang menilai hal itu membahayakan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Momen wanita melepaskan lele di sungai

Dari akun Tiktok @babythalii menunjukkan rasa bahagianya bersama keluarga bisa melepaskan dua karung ikan lele ke sungai. 

Rupanya, tindakan itu merupakan salah satu ritual untuk menyelamatkan atau membebaskan makhluk hidup ke habitat aslinya. 

 

3 dari 5 halaman

Kekompakkan keluarganya

Keluarga itu tampak kompak saling membantu rangkaian pelepasan ratusan ikan lele itu. Usai dilepaskan, kumpulan lele itu terlihat berenang di dalam air.

4 dari 5 halaman

Videonya

@babythalii

Lepas ikan😉 ##fyp ##xzybca ##foryoupage

♬ I Get So Weak - larissalambert
5 dari 5 halaman

Respons Warganet

Unggahan seorang pemuda melepaskan ikan lele di sungai tuai pro kontra warganet. Sebagian dari mereka menilai tindakan itu akan merusak ekosistem, sebaliknya itu perbuatan yang baik mengembalikan ikan itu ke habitat aslinya. 

"Lele dilepas ke sungai gak berbahaya, aneh saja orang-orang ini. Yang bahaya itu Arapaima, buaya, ular, piranha, dan lintah,"  tulis akun @obiobi2.

"Tanpa disadari mereka memberikan rezekinya pada orang-orang di sekitar sungai yang hanya mengandalkan dari mancing," jelas akun @nitapratiwi14.

"Kalau di situ bukan habitat ikan lele akan merusak habitat asli ikan di situ mbak pintar," sahut akun @luckypunchh.

"Padahal yang buang sampah ganggu banget habitat asli hewan, kenapa ini yang jumlah lelenya gak sampai seperempatnya sungai sampai didebatin gini," tambah akun @abayf17.

"Gw takut ikannya gak bisa napas di dalam air🥺," kata akun @Aryo Bimo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.