Sukses

5 Hal Unik yang Cuma Ada di India, Menikah dengan Pohon hingga Bayi Pakai Eyeliner

Ini lima hal unik yang membuat Anda takjub dan terhibur ketika berada di India.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian individu mengatakan bahwa India adalah negara yang mudah untuk dicintai dan sulit dilupakan. Mulai dari makanan, tarian serta baju adatnya, hingga setiap hal kecil di India begitu mempesona.

Mungkin bagi mereka yang pernah mengunjungi India, ingin kembali lagi menikmati liburan di negeri Bollywood tersebut. Adat istiadat, tradisi, masyarakat lokal, dan aktivitas sehari-hari mereka yang sangat tidak biasa bagi para wisatawan membuat ingin mengenal lebih dalam tentang India.

Jika Anda belum pernah berkunjung ke India, ini lima hal unik yang membuat Anda takjub dan terhibur ketika berada di India. Berikut rangkumannya seperti dilansir dari Bright Side, Rabu (6/1/2021).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Bayi India memakai eyeliner

Jika Anda pernah melihat bayi India, sebagian besarnya mungkin memakai eyeliner di bawah mata. Eyeliner yang dipakai itu bernama kajal (kohl atau surma). Kajal adalah kosmetik mata kuno yang terbuat dari jelaga.

Kajal ini biasanya diaplikasikan di bagian kelopak bawah mata bayi. Menurut kepercayaan masyarakat lokal, kajal dipercaya dapat melindungi anak-anak dari kejahatan.

Selain itu, kajal juga dipercaya memiliki manfaat untuk penglihatan bayi. Namun, belum ada penelitian yang membuktikan hal itu.

3 dari 6 halaman

2. Menari sebagai gaya hidup

Masyarakat India sangat menyukai tarian. Selain tarian Bollywood yang sudah terkenal, juga terdapat delapan jenis tarian klasik yang ada di India.

Emosi yang ditunjukkan dalam tarian tersebut tidak dapat dibandingkan dengan hal lain di dunia. Mereka benar-benar menunjukkan emosinya secara maksimal.

Pasti Anda sudah sering melihat berbagai jenis tarian hanya melalui film Bollywood. Dengan hanya melihatnya saja, Anda akan langsung tertarik untuk ikut menari. 

4 dari 6 halaman

3. Roti India yang bikin ngiler

Jika Anda berkunjung ke India, jangan lupa mencoba roti khas India. Ada berbagai variasi roti yang tersedia di sana. Mulai dari chapati hingga puri. Roti khas India masing-masing memiliki keunikan tersendiri.

Orang India terbiasa memasak roti pipih segar secara terpisah untuk dimakan. Ada berbagai macam cara untuk memasak roti khas India. Seperti dimasak dalam oven tanah liat, digoreng, dan dimasak dengan bawang putih.

5 dari 6 halaman

4. Menikah dengan pohon atau hewan

Bagi orang lain, menikah dengan hewan atau pohon adalah suatu kejadian yang aneh dan tidak masuk akal. Namun, beberapa orang India melakukan hal tersebut. Tradisi itu membuat India semakin menonjol di negara lain. 

Orang-orang India sudah terbiasa bergantung dengan ramalan bintang saat akan membuat keputusan penting dalam hidup. Ada orang khusus yang bisa menghitung keberuntungan mereka. Ketika ramalan tersebut berisi nasib buruk, maka mereka akan diberi tawaran untuk menikahi pohon atau hewan.

Pernikahan pertama mereka dengan pohon atau hewan bertujuan untuk mematahkan kutukan tersebut. Serta menghindari penderitaan pada pernikahan keduanya dengan manusia.

6 dari 6 halaman

5. Terdapat festival warna terbesar

Di India, terdapat festival warna terbesar yang dirayakan di awal musim semi. Acara itu bernama festival holi atau bisa juga disebut dengan festival cinta.

Orang-orang saling melempar bubuk warna dan membiarkan seluruh tubuhnya dipenuhi bubuk berwarna-warni. Festival ini menjadi sangat populer di India dan membuat banyak negara ikut merayakannya.

Penulis:

Syifa Aulia

UPN Veteran Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini