Sukses

Baru Berusia 7 Tahun, Gadis Ini Mampu Angkat Beban hingga 80 Kg

Masih berusia 7 tahun, anak perempuan ini mampu angkat beban hingga 80 Kg.

Liputan6.com, Kanada - Anda mungkin biasa melihat orang dewasa melakukan olahraga ekstrem deadlift atau angkat beban. Namun, bagaimana jadinya jika yang melakukan olahraga tersebut adalah anak-anak?

Mungkin terdengar mustahil, tapi tidak jika kalian melihat anak perempuan satu ini. Dia adalah Rory van Ulft, seorang gymnastic asal Kanada berusia 7 tahun.

Rory baru-baru ini membuat orang berdecak kagum dengan prestasinya dalam olahgara angkat besi. Dia bahkan berhasil menjadi peserta termuda dalam US Youth National Champion sepanjang sejarah.

Rory mulai angkat beban sekitar dua tahun lalu, sebagai upaya untuk menjadi lebih kuat. Awalnya dia sudah mulai melakukan senam atau gymnastic tetapi dia menyadari bahwa dirinya bisa terluka ata cedera jika dia tidak cukup kuat.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mulai Berlatih Angkat Beban

Rory pun mulai berlatih mengangkat beban dengan gaya snatch dan clean and jerk di bawah pengawasan dari seorang pelatih. Secara bertahap Rory mengembangkan kekuatannya ke titik di mana dia sekarang mampu mengangkat beban layaknya orang dewasa.

Dia bisa melakukan snatch dengan beban 32kg, clean and jerk dengan beban 42kg, serta squat dengan beban 61kg, dan deadlift dengan beban 80kg menggunakan bar wanita.

“Saat dia pertama kali memulai, saya membencinya,” kata Lindsay Noad, ibu Rory, kepada CBC.

“Sangat menakutkan menyaksikannya mengangkat benda-benda berat yang hampir tidak bisa saya angkat. Sekarang saya melihatnya dan saya hanya berpikir, 'Saya sangat bangga padamu!' Dia sangat keren dan dia bisa melakukan hal-hal luar biasa.”

3 dari 4 halaman

Menang Kejuaraan

Melakukan teknik yang tepat untuk menghindari cedera merupakan kunci dalam program pelatihan Rory. Tahun lalu, Rory mengalahkan delapan dari tiga belas anak di Kejuaraan Pemuda Nasional AS, dalam kategori anak perempuan di bawah 13 tahun.  

Meskipun menjadi pesaing termuda dalam dua tahun dan dengan beban paling ringan dengan hampir 10 kilogram. Rory membuat kesan yang baik, jadi tidak ada yang terkejut bahwa di kejuaraan tahun ini, dia berhasil mengambil tempat nomor satu.

 

4 dari 4 halaman

Senang Menjadi Kuat

Rory yang gemar mengenakan tato palsu ketika mengangkat beban mengatakan bahwa dia suka menjadi lebih kuat sebagai hasil dari angkat beban, karena ini memungkinkannya untuk melakukan hal-hal baru dalam rutinitas senamnya.

“Saya suka menjadi lebih kuat. Menjadi lebih kuat memungkinkan saya melakukan lebih banyak dan menjadi lebih baik dalam segala hal yang saya coba. Saya tidak memikirkan tentang apa yang terjadi sebelumnya atau apa yang akan terjadi setelahnya. Saya tidak memikirkan apa pun. Saya hanya menjernihkan pikiran dan melakukannya,” katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.