Sukses

6 Cara Mengatasi Rasa Cemburu yang Berlebihan dalam Hubungan Asmara

Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda coba untuk mengatasi rasa cemburu yang berlebihan dalam hubungan asmara.

Liputan6.com, Jakarta Perasaan cemburu cukup umum dalam suatu hubungan asmara. Lagi pula, jika pasangan Anda berinteraksi dekat dengan seseorang, perasaan cemburu itu wajar.

Membuat pasangan Anda merasa cemburu bisa menyenangkan, tetapi tidak jika itu menjadi terlalu sering sehingga pasangan Anda mulai merasa tercekik karena kecemburuan yang luar biasa.

Berikut ini 6 cara yang akan membantu Anda mengatasi kecemburuan yang merusak dalam hubungan Anda. Melansir dari TimesofIndia, ini dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Mempraktikkan rasa percaya pada pasangan

Ini adalah aturan paling penting dari semua hubungan. Bahkan jika Anda takut akan hal yang tidak diketahui dan apa yang mungkin akan merusak hubungan Anda, Anda tetap harus mempercayai ikatan di antara Anda berdua.

Percaya berarti mencintai - pepatah ini benar, karena sampai Anda mempercayai pasangan Anda sepenuhnya, Anda tidak dapat mencintai mereka juga tidak bisa bahagia dalam hubungan. Terlebih dengan perasaan bersalah karena cemburu yang menyumbat pikiran Anda.

 

3 dari 7 halaman

2. Jangan bertindak atas dasar rasa cemburu

Bertindak atas dasar kecemburuan Anda bisa sangat merusak. Seringkali, ketika Anda sangat cemburu, Anda juga cenderung marah dan mengucapkan kata-kata menyakitkan yang tidak dapat ditarik kembali.

Meskipun sulit untuk tidak bertindak ketika Anda cemburu, Anda tidak boleh membiarkan perasaan itu menguasai Anda. Bersikaplah masuk akal dan berpikir dua kali sebelum mengucapkan kata-kata kasar yang dapat merusak hubungan Anda secara permanen.

 

4 dari 7 halaman

3. Percayalah pada diri sendiri

Sebelum Anda berbicara dengan pasangan Anda, analisis secara kritis mengapa Anda merasa seperti ini belakangan ini. Merasa cemburu mungkin berarti Anda memiliki masalah harga diri atau rasa tidak aman yang mendasarinya.

Anda mungkin berpikir bahwa Anda tidak cukup baik untuk pasangan Anda dan karenanya, mereka mungkin meninggalkan Anda untuk seseorang yang lebih baik. Belajarlah untuk menghargai kualitas positif Anda, dan ketahuilah bahwa pasangan Anda pasti bersama Anda untuk yang terbaik.

 

5 dari 7 halaman

4. Lupakan hubungan masa lalu

Hubungan seseorang di masa lalu meninggalkan dampak yang kekal pada keadaan emosi seseorang. Selain itu, jika pasangan Anda telah selingkuh atau membuat Anda terluka dari hubungan sebelumnya, kemungkinan besar mereka akan memiliki masalah kepercayaan yang besar dalam hubungan mereka saat ini.

Pemicu dari masa lalu dapat merusak hubungan Anda saat ini, dan kecemburuan dapat mencapai puncaknya.

 

6 dari 7 halaman

5. Ekspresikan kecemburuan dengan cara yang benar

Bersikaplah dewasa dalam mengungkapkan apa yang sebenarnya Anda rasakan. Jika pasangan Anda telah melakukan sesuatu yang membuat Anda merasa sangat cemburu, jangan terburu-buru, sebaliknya, coba komunikasikan secara perlahan apa yang membuat Anda merasa cemburu belakangan ini.

Kecemburuan juga bisa menimbulkan perasaan frustrasi dan marah, jadi lebih baik lakukan pendekatan yang tenang atau beri tahu pasangan bahwa Anda cemburu dengan nada humor.

 

7 dari 7 halaman

6. Ingatlah hal-hal positif

Kapan pun Anda merasa cemburu atau membiarkan amarah menguasai Anda, tenangkan diri Anda dengan mengingat apa yang penting dalam hubungan tersebut. Cinta dan positif.

Cobalah memelihara kebiasaan positif dan ingat kenangan indah ketika kejadian kejam seperti ini menimpa Anda. Jangan biarkan perasaan cemburu menguasai Anda. Kenali kekuatan dan kelemahan pasangan Anda dan lepaskan perasaan tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.