Sukses

Waspada, Ini 5 Dampak Jika Terlalu Sering Terpapar AC

Liputan6.com, Jakarta Teriknya musim panas membuat banyak orang memanfaatkan Air Conditioner atau AC untuk mendinginkan ruangan. AC memang telah menjadi benda yang sangat dibutuhkan. Tak heran banyak orang menggunakannya di rumah, kantor hingga tempat-tempat lain. 

Tak hanya siang hari, tak sedikit yang menggunakan AC di malam hari. Tapi tahukah Anda bahwa tinggal di AC dalam waktu lama dapat memiliki beberapa efek samping yang harus Anda waspadai.

Tidak peduli seberapa nyamannya, tinggal di AC sepanjang hari dapat memberikan beberapa efek berbahaya dan tidak menyenangkan pada tubuh Anda. Melansir dari doctor.ndtv.com, berikut ulasannya.

2 dari 7 halaman

1. Mata kering

Terlalu lama berada di AC dapat menyebabkan mata kering. Jika Anda sudah pernah mengalami mata kering, berdiam diri di AC terlalu lama dapat memperburuk gejala tersebut. Mata kering akan terasa lebih gatal dan bahkan mengalami iritasi. Orang dengan sindrom mata kering sebaiknya memilih tidak tinggal di AC terlalu lama. 

3 dari 7 halaman

2. Kulit kering

Kulit kering dan gatal bisa menjadi hal normal yang dialami orang yang duduk terlalu lama di dalam ruangan AC. Paparan AC yang berlebihan bersamaan dengan paparan sinar matahari bisa membuat kulit menjadi kering dan gatal.

Kulit Anda mungkin kembali normal setelah beberapa jam berada di luar, tetapi kulit kering sebenarnya bisa bertahan lebih lama dari biasanya.

4 dari 7 halaman

3. Masalah pernapasan

Berada di AC dalam waktu lama dapat menyebabkan masalah pernapasan di hidung dan  tenggorokan. Anda juga mungkin mengalami tenggorokan kering, rinitis, dan hidung tersumbat. Rinitis merupakan suatu kondisi yang menyebabkan peradangan pada selaput lendir hidung. Ini disebabkan oleh infeksi virus atau reaksi alergi.

5 dari 7 halaman

4. Asma dan alergi

AC dapat memperburuk kondisi pada orang yang memiliki asma atau alergi. Bagi mereka yang sensitif, tinggal di dalam ruangan dapat membantu karena menjauhkan dari polutan lainnya. Tetapi beberapa orang lainnya mungkin justru mengalami sebaliknya.

Jika AC Anda tidak dibersihkan dan dirawat dengan benar, hal itu dapat meningkatkan pemicu yang dapat memperburuk asma dan alergi.

6 dari 7 halaman

5. Sakit kepala

Dehidrasi karena AC dapat menyebabkan sakit kepala dan migrain. Dehidrasi adalah pemicu yang sering diabaikan dalam hal migrain. Ketika Anda keluar masuk kamar AC atau masuk ke dalam panas di luar tiba-tiba setelah berada di AC terlalu lama, kemungkinan Anda akan mengalami pusing. Juga dalam kasus kamar AC yang tidak terawat dengan baik, Anda lebih rentan mengalami sakit kepala dan migrain.

Penulis

Fayola Gishlaine

Universitas Multimedia Nusantara

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan Dibawah Ini: