Sukses

Bersihkan AC Mobil Bisa Tanpa Bongkar Dasbor, Begini Caranya

Liputan6.com, Jakarta - Air conditioner atau AC memiliki peran yang cukup penting bagi pengendara atau penumpang mobil. Dengan komponen tersebut, mampu membuat udara di kabin roda empat menjadi sejuk meskipun di luar panas ketika siang hari.

Melihat fungsinya yang sangat penting tersebut, AC pastinya butuh perawatan agar bekerja maksimal. Biasanya, bagian AC seperti evaporator dan kondensor sering kotor karena debu yang menumpuk bahkan bisa merusak AC secara keseluruhan. Membersihkan AC biasanya butuh waktu yang lama, karena harus membongkar dasbor dan komponen AC lainnya.

Tapi, hal tersebut ternyata bisa diakali oleh bengkel Dokter Mobil, yang mampu membersihkan AC tanpa bongkar sehingga menghemat waktu. "Kalau di kita memang ada alat khusus, untuk mendorong oli-oli di komponen AC sehingga menghemat waktu. Kalau untuk mobil sekelas Toyota Avanza butuh waktu 40 menit sampai satu jam," jelas Popo, Management Trainer Dokter Mobil, saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (14/8/2020).

Sementara itu, untuk pengerjaan AC secara konvensional sendiri yang harus membongkar dasbor dan komponen lainnya, dibutuhkan waktu seharian.

Sedangkan dikatakan oleh pemilik Dokter Mobil, Ko Lung-Lung, bengkelnya yang baru saja membuka cabangnya di Serpong, Tangerang Selatan ini akan memiliki standar yang sama dengan cabang-cabang lainnya. Standar ini meliputi peralatan bengkel dari 9circle yang lengkap dan canggih. 9circle sendiri adalah supplier kebutuhan bengkel dari Jerman yang produknya telah diakui oleh berbagai bengkel di seluruh dunia.

"Dokter Mobil menjamin akurasi dan pelayanan yang cepat dan memuaskan dengan penggunaan 70 mesin dan 30 persen tenaga ahli, itu membuat service di Dokter Mobil tidak perlu memakan waktu yang lama, sehingga konsumen tidak perlu menunggu terlalu lama," tegas Ko Lung-Lung.

2 dari 5 halaman

Buka Cabang dan Cuci Mobil Gratis

Terlebih saat masih pandemi seperti sekarang ini, Dokter Mobil selalu berkomitmen menggunakan protokol kesehatan yang ketat.

Mulai dari teknisi dan admin bengkel yang selalu mengenakan masker dan melakukan jaga jarak dengan konsumen, kursi-kursi di ruang tunggu yang diberi jarak, hingga sterilisasi seluruh sudut ruangan bengkel setiap hari dengan fogging yang berisikan cairan desinfektan.

"Selama sebulan ke depan, kami berikan cuci mobil gratis dan fogging tanpa syarat. Hanya dengan melakukan reservasi terlebih dahulu," pungkasnya.

3 dari 5 halaman

Tips Merawat AC Mobil Agar Tetap Dingin

 Air Conditioner (AC) merupakan komponen yang sangat penting dalam menjaga kenyamanan pengguna mobil. Selain membuat suhu kendaraan menjadi sejuk, AC menjadi solusi agar sirkulasi udara di dalam mobil menjadi lancar.

Kondisi AC yang tidak prima tentunya akan menjadi gangguan bagi pengguna mobil. Tanpa AC, suhu tentunya akan menjadi lebih panas sehingga mengurangi kenyamanan berkendara.

Sirkulasi udara juga menjadi terhambat sehingga kaca mobil harus dibuka dan membuat polusi berpotensi masuk ke dalam mobil.

Untuk itu, sangat penting bagi pengendara untuk memberi perhatian pada kondisi AC. Dilansir laman resmi Top1, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan agar AC mobil tetap dingin dan berfungsi dengan baik.

1. Jaga kebersihan interior mobil

Menjaga kebersihan interior mobil merupakan salah satu hal yang dapat dilakukan untuk menjaga performa AC.

Interior mobil yang kotor dan berdebu dapat menghambat kinerja filter AC. Filter AC yang kotor dapat membuat komponen ini tidak menghasilkan dingin sebagaimana mestinya.

2. Matikan AC selama beberapa waktu

Apabila mobil berjalan dalam jarak yang cukup jauh, ada baiknya untuk mematikan AC selama beberapa waktu. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi pembekuan pada saluran AC.

4 dari 5 halaman

3. Parkir dengan bijaksana

Mobil yang diparkir di bawah terik matahari akan membuat interior menjadi panas. Saat mobil dinyalakan, AC beban pendinginan pun menjadi bertambah dan membutuhkan waktu lebih lama untuk mendinginkan mobil.

4. Hindari penggunaan rokok dalam mobil

Asap dan nikotin rokok dapat membuat evaporator AC menjadi kotor. Hal ini tentunya dapat menghambat kerja AC.

5. Bersihkan kondensor AC

Ketika sedang mencuci mobil, sempatkan untuk membersihkan kondensor AC. Caranya, buka kap mesin dan cari komponen yang berbentuk mirip radiator lalu semprot kencang dengan air. Hal ini dilakukan untuk menghindari kondensor dari karat dan keropos.

6. Lakukan pengecekan rutin

Terakhir, lakukan pengecekan AC secara rutin ke bengkel. Dengan rutin melakukan pengecekan maka komponen seperti kompresor, receiver dyer, kondensor, evaporator, ekstra fan kipas, hingga freon dapat diketahui apakah dalam kondisi baik atau tidak.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah InI: