Sukses

4 Tips Membeli AC Baru saat Pandemi Covid-19

Liputan6.com, Jakarta- Pandemi virus corona Covid-19 membuat masyarakat di seluruh dunia harus menghabiskan lebih banyak waktu di dalam rumah. Hal ini dilakukan demi mencegah penularan Covid-19.

Tinggal di rumah membuat masyarakat harus menyiapkan kebutuan tambahan agar nyaman. Salah satunya adalah AC. Kehadiran penyejuk udara jadi kebutuhan utama agar tidak kegerahan saat berdiam di rumah dalam waktu lama.

Bagi masyarakat yang tinggal di kota, AC menjadi bagian penting bagi keluarga di dalam rumah.

Untuk itu, sebelum membeli AC keluarga perlu tahu beberapa hal penting, agar AC yang sudah dibeli awet dan tidak mudah rusak. Sebab tak sedikit keluarga yang ceroboh saat membeli AC, dan tak melihat beberapa hal penting ini. Alhasil, belum satu tahun berjalan AC sudah harus di-service.

“AC bisa dikatakan tergolong barang sekunder, bahkan tersier bagi sebagian kalangan. Karenanya perlu pengetahuan sebelum membelinya agar kelak tak menyesal dikemudian hari,” tutur Irfan Lam dari Selka.

Berikut beberapa tim membeli AC di situasi pandemi Covid-19:

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

2 dari 5 halaman

Ketahui Kebutuhan Rumah

AC memiliki banyak jenis dan daya sesuai kebutuhan pengguna. Baiknya konsultasikan terlebih dulu kebutuhan ruangan sebelum memilih daya AC.

Sebab akan kurang baik ketika ruangan yang kecil namun dipasang AC dengan daya yang lebih tinggi.

3 dari 5 halaman

Pipa AC

Pipa AC juga bagian penting dari komponen AC itu sendiri. Pipa kerap menjadi bagian yang dikeluhkan pengguna, ketika AC sudah digunakan dalam kurung waktu 6 sampai 1 tahun. Alasan mendasarnya tentu kerusakan, konslet, hingga penurunan kualitas AC yang digunakan.

“Ketika membeli AC, hal yang harus diperhatikan adalah pipanya. Dalam hal ini Selka mencoba memberikan pengalaman terbaik pada pelanggan, agar bisa memilih pipanya sendiri dengan varian grade yang berbeda-beda,” jelas Irfan.

4 dari 5 halaman

Instalasi AC

Setelah memilih dan memilah AC yang pas sesuai kebutuhan rumah, hal penting lainnya ialah instalasi AC. Terkadang ada toko AC yang melayani instalasi sesuai paket pembelian saja tanpa memperhatikan kondisi rumah.

Sehingga ketika memerlukan tambahan pipa atau komponen lainnya, pembeli harus menambah barang belanjaan lagi.

5 dari 5 halaman

Proses Pembelian

Mengingat hari ini seluruh masyarakat Indonesia melewati pandemic covid-19, maka proses pembelian AC juga harus dipertimbangkan. Apakah perlu datang datang langsung ke toko AC atau melalui pembelian online.

Terlebih di khawasan kota layaknya Jakarta, tentu membeli AC dengan datang langsung ke toko perlu dipikirkan beberapa kali. Untuk itu, kini hampir semua brand dan toko AC mulai membuka layanan pembelian online.

Cukup transaksi dari rumah seluruh kebutuhan AC termasuk instalasinya bisa diatasi.

Disadur dari Hot Liputan6.com (Fakhriyan Ardyanto)