Sukses

Stres Saat Ponsel Mati atau Tak Membawanya, Anda Mungkin Menderita Gangguan Ini

Nomofobia adalah kondisi saat seseorang merasa stres bila ponselnya mati atau tak membawanya

Liputan6.com, Jakarta Zaman sekarang, semua orang terpaku pada ponsel mereka, terus menerus mengecek media sosial dan surel. Namun, jika Anda merasa cemas saat ponsel mati atau saat Anda keluar rumah tanpa ponsel, Anda mungkin mengalami apa yang oleh beberapa pakar disebut sebagai "Nomofobia."

Nomofobia atau nomophobia adalah kependekan dari no-mobile-phone phobia. Ini belum dikenali sebagai diagnosis formal, tapi para peneliti telah memeriksa seberapa umum gangguan ini terjadi di kalangan anak muda.

Sebuah studi baru-baru ini telah melihat hubungan antara nomofobia dengan gangguan psikologis lainnya. Penelitian yang diterbitkan dalam Computers in Human Behavior Reports edisi Agustus-Desember 2020 ini menggunakan kuesioner untuk mengevaluasi penggunaan ponsel dan gejala psikopatologis dari 495 orang dewasa berusia 18-24 tahun di Portugal.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hubungan nomofobia dan gangguan psikologis lainnya

Melansir dari Bestlifeonline, para peneliti menemukan korelasi positif antara nomofobia dan gangguan tertentu. Ini berarti bahwa jika seseorang memiliki salah satu dari kondisi kesehatan mental spesifik ini, misalnya depresi, mereka juga cenderung mengalami kecemasan saat jauh dari ponsel.

Setiap kondisi yang terkait dengan nomofobia memiliki gejalanya sendiri, mulai dari insomnia, delusional, hingga masalah pencernaan.

 

3 dari 4 halaman

Efek samping ketergantungan dengan ponsel

Sementara para peneliti mengakui kontribusi positif dari ponsel dalam kehidupan, mereka mengingatkan akan adanya efek samping saat seseorang menjadi terlalu tergantung pada ponsel.

Studi tersebut menunjukkan bahwa semakin sering partisipan menggunakan ponsel, semakin tinggi pula tingkat stres yang dilaporkan saat partisipan tak memegang ponsel mereka.

 

4 dari 4 halaman

Gangguan terkait nomofobia

Menurut penelitian tersebut, berikut ini sembilan gangguan yang terkait dengan nomofobia serta persentase subjek yang mengalaminya:

1. Obsessif Compulsif Dissorder: 39,4 persen peserta.

2. Sensitivitas interpersonal: 39 persen peserta.

3. Mudah marah: 38,4 persen peserta.

4. Psikotisme: 38,2 persen peserta.

5. Paranoid: 38,1 persen peserta.

6. Depresi: 37,4 persen peserta.

7. Fobia kecemasan: 34,7 persen peserta.

8. Kecemasan: 34 persen peserta.

9. Somatisasi: 32,2 persen peserta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.