Sukses

Viral Toilet Umum Transparan di Jepang, Tertarik Coba?

Liputan6.com, Jepang - Banyak individu merasa khawatir ketika menggunakan toilet umum. Biasanya toilet umum berada dalam ruangan maupun tempat tertutup. Namun, bagaimana jadinya jika ada toilet transparan berada di tempat umum?

Publik, baru-baru ini dibuat heboh karena toilet transparan yang dibuat di Jepang.

Toilet umum di Jepang biasanya memiliki standar kebersihan yang lebih tinggi dibandingkan toilet umum lainnya di seluruh dunia. Bahkan ada komunitas yang setiap minggu pagi rutin membersihkan toilet umum di sekitar ibu kota Jepang secara sukarela.

Namun selain kotor, masyarakat Tirai Bambu juga takut memikirkan fasilitas toilet umum yang gelap, bau dan tidak aman ketika BAB. Untuk itu, Nippon Foundation membuat toilet transparan sebagai upaya untuk membantu individu fobia toilet. 

2 dari 4 halaman

Aman Digunakan

Melansir dari Oddity Central, Minggu (23/8/2020), proyek bernama Toilet Tokyo ini dibantu 16 arsitek berpengalaman untuk merenovasi 17 toilet umum yang terletak di taman umum Distrik Shibuya, salah satu kawasan komersial tersibuk di Tokyo.

Meski terlihat transparan, toilet unik ini sangat aman digunakan dan tidak akan transparan ketika ada seseorang di dalam bilik. Selain itu, toilet ini juga memungkinkan penggunanya untuk melihat kondisi toilet dari luar yang bersih sehingga akan merasa nyaman ketika buang hajat.

 

3 dari 4 halaman

Gunakan Teknologi Smartglass

Toilet transparan ini terdiri dari beberapa bilik yang berdekatan. Masing-masing memiliki warna berbeda, dan dilengkapi teknologi smartglass terbaru untuk mengubah dinding transparan menjadi buram setiap kali pintu dikunci dan kembali tidak transparan saat pintu tidak dikunci. 

Menurut pernyataan Yayasan Nippon, tujuan utama dari upaya ini agar orang-orang akan merasa nyaman menggunakan toilet umum. 

“Ini memungkinkan pengguna untuk memeriksa kebersihan dan apakah ada yang menggunakan toilet dari luar. Pada malam hari, fasilitas menerangi taman seperti lentera indah,” pernyataan Nippon Foundation.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: