Sukses

Lakukan 5 Tahapan Ini, Tidur Makin Nyenyak Tanpa Takut Timbangan Naik

Liputan6.com, Jakarta Selama pandemi COVID-19, seluruh masyarakat dari belahan negara lebih banyak beraktivitas di dalam rumah. Hal ini dilakukan untuk mencegah peredaran virus corona semakin masif. Seiring berjalannya waktu, aktivitas di rumah kerap membosankan. Terlebih, bagi seseorang yang frekuensinya sering berkegiatan di rumah.

Terlalu lama di rumah, berbaring menjadi posisi favorit. Hari demi hari, waktu tidur pun menjadi teratur. Siapa sangka, hal ini merupakan berkah di masa menghadapi virus global ini.

Pasalnya, tidur salah satu kegiatan yang mampu menurunkan berat badan kamu. Eits, tetapi dengan 5 syarat ini berat badanmu dapat turun sambil tiduran. Dirangkum dari TimesofIndia, ini dia.

 

2 dari 7 halaman

1. Melatih Kekuatan Otot

Selain kardio, ternyata latihan menguatkan otot juga ampuh membakar kalori. Dengan meningkatkan metabolisme Anda, proses pembakaran lemak dapat berlangsung bahkan saat istirahat.

Semakin tinggi intesitas Anda latihan, semakin besar pula oksigen yang diperlukan. Efeknya bisa dirasakan pada Anda setelah latihan selama 24 jam lebih. Bayangkan selama itu, kalori Anda dibakar dan tentu kabar baik untuk tubuh ideal Anda.

3 dari 7 halaman

2. Mengemil Makanan Kaya Nutrisi

Daripada makan kenyang sekaligus, lebih baik biasakan diri Anda mengomsumsi makanan kecil bernutrisi secara teratur. Hal ini sangat berguna untuk menstabilkan kadar gula darah. Lebih dari itu, kebiasaan ini lagi-lagi mampu mempercepat metabolisme dan pastinya bakar lemak di malam hari.

4 dari 7 halaman

3. Menghindari Penggunaan Telepon Genggam di Malam Hari

Selain bisa menyebabkan insomnia, penggunaan handphone di tempat tidur juga mempengaruhi kualitas tidur Anda. Pasalnya, pancaran sinar dari telepon genggam menghambat laju produksi melatonin. Dan yang paling tragis, berdampak pada naiknya timbangan Anda karena proses metabolisme terganggu.

5 dari 7 halaman

4. Menjauhkan Diri dari Minuman Beralkohol

Bukannya membakar lemak, minuman berakohol bawa bencana pada misi Anda. Pembakaran tidak ada, malah jadi bekal asupan kalori kembali sembari tidur. Harusnya fungsi tubuh beristirahat, perlu bekerja lagi untuk memetabolisme alkohol yang di minum.

6 dari 7 halaman

5. Mandi Air Hangat Sebelum Tidur

Membasahi tubuh Anda dengan air hangat, merilekskan ketegangan dan meningkatkan kualitas tidur. Beberapa penelitian menjelaskan bahwa bilasan air hangat akan membawa beban pikiran Anda hanyut terbawa air dan rileks. Dan paling mengejutkan juga mujarab membakar lemak.

Lakukan 5 langkah ini secara rutin, tidur akan lebih nyenyak tanpa takut timbangan naik

 

Penulis 

Ignatia Ivani

Universitas Multimedia Nusantara

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: