Sukses

Dibuntuti Pria Misterius, Wanita Terselamatkan dengan Cara Ini

Liputan6.com, Jakarta - Perlakuan tidak menyenangkan tentu seringkali dialami segelintir individu ketika tengah jalan sendirian. Tentu iperlukan tingkat kewaspadaan tinggi untuk menghindari sosok mencurigakan berada di sekeliling kita.

Tak jarang, ada saja penguntit yang ingin melancarkan aksinya terhadap seseorang, khususnya para kaum hawa sebagai target incaran. Seperti insiden yang baru-baru ini menjadi perbincangan viral para pengguna Twitter.

Sebuah akun Twitter dengan nama @helloitsmonde mengunggah sebuah video yang menunjukkan cara seorang wanita yang meminta bantuan sekelompok orang dengan cara tak biasa ketika diikuti seorang pria misterius.

Dalam video tersebut, terlihat seorang wanita bertopi putih yang melintas di area pertokoan menyadari bahwa dirinya diikuti oleh sosok misterius dan membuatnya takut.  

Langkah cerdik wanita itu berhasil menyelamatkannya dari sosok penguntit lewat upayanya mendatangi kerumunan anak muda untuk meminta bantuan.

Untungnya, anak muda yang dimintai pertolongan cepat merespons dengan merangkul dan mengobrol untuk menunjukkan keakraban dengan wanita yang dibuntuti tersebuut.

 

2 dari 6 halaman

Respons Warganet

Unggahan tersebut sontak menarik perhatian warganet. Banyak dari mereka menanggapinya dengan berbagai respons.

"Di Indonesia, kalo ada orang yang tiba2 ngajak ngobrol, nyentuh2 kadang takut kena gendam. Hahaha Susah juga ya bedainnya," tutur akun @enjangz.

"Aku pernah di buntuti dan dibawain clurit & tali tampar," ucap akun @tari_im.

"Jadi inget pulang malem2 diikutin stranger ampe lari larian karna takut mana jauh, sampe rumah malah manjat benteng wkwk serem tp kocaq," tulis akun @fxrxda.

Sampai saat ini unggahan video tersebut telah menarik perhatian lebih dari 63 ribu retweet dan 109 ribu likes.

 

3 dari 6 halaman

Tips Menyelamatkan Diri dari Penguntit

Untuk itu, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menyelamatkan diri dari penguntit.

1. Meminimalisir berpergian sendiri

Bepergian sendiri tanpa ditamani seorang teman rentan berpotensi diikuti sosok misterius yang mengancam keselamatan diri. Maka dari itu, usahakan kamu lakukan aktivitas melancong dengan teman dekat maupun komunitas.

4 dari 6 halaman

2. Ponsel dalam genggamanmu

Upaya ini akan memudahkan kamu untuk menghubungi kerabat terdekat dalam situasi darurat. Selain itu, pastikan kamu menghafal dan menyimpan nomor telepon darurat untuk mempercepat pertolongan pihak yang berwenang. 

5 dari 6 halaman

3. Memfariasikan rute perjalanan

Biasanya seorang penguntit telah menandai target yang menjadi incaran kejahatannya dengan rute yang sama akan memudahkan dia mendeteksi keberadaanmu. Baik untuk kamu memiliki pilihan rute perjalanan yang variatif guna mempersulit penguntit mengetahuinya. 

Penulis

Ignatia Ivani 

Universitas Multimedia Nusantara

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: