Sukses

Sering Diabaikan, 5 Tanda pada Kaki Ini Bisa Tunjukkan Masalah Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta - Menjaga kesehatan menjadi hal yang penting dan patut dilakukan setiap individu dari berbagai kalangan dan usia. Untuk menjaga kesehatan tubuh, kita dianjurkan untuk rutin berolahraga dan menjaga pola makan.

Namun sayangnya, tak sedikit orang yang kerap mengabaikan hal penting tersebut. Tak hanya itu, banyak pula yang tak menyadari bahwa ada masalah kesehatan di tubuhnya.

Salah satu bagian tubuh yang kerap menunjukkan masalah kesehatan yang dialami adalah kaki. Beberapa perubahan pada kaki seperti bengkak, lebam dan nyeri tanpa alasan bisa menjadi tanda kamu mengidap penyakit yang cukup serius. Melansir dari Brightside, Rabu (29/7/2020), berikut ulasannya.

2 dari 7 halaman

1. Bengkak

Jika kaki kamu bengkak nampaknya harus waspada. Kaki yang bengkak tak hanya disebabkan karena terlalu lama berdiri, tapi juga bisa jadi gejala beberapa masalah kesehatan.

Seperti adanya masalah pada jantung dan hati. Banyak masalah pada jantung yang menyebabkan cairan terjebak di kaki bagian bawah.

3 dari 7 halaman

2. Berwarna Biru atau Ungu

Kamu pernah mengalami perubahan warna kaki menjadi biru atau ungu? Bisa jadi hal ini disebabkan karena pembuluh darah tersumbat. Coba gerakan kaki hingga peredaran darah bisa kembali lancar.

4 dari 7 halaman

3. Memar

Menjadi hal yang tak wajar jika bagian kaki mengalami memar tanpa sebab. Jangan dianggap remeh, bisa jadi hal ini disebabkan oleh penyakit hati, peradangan pada pembuluh darah, atau masalah autoimun. Jadi ada baiknya kamu periksakan diri ke dokter ya.

5 dari 7 halaman

4. Ruam

Kamu patut waspada jika terdapat ruam merah atau keunguan yang cukup banyak pada bagian kaki. Selain gejala alergi, bisa jadi ruam tersebut merupakan gejala dari penyakit autoimun seperti lupus.

6 dari 7 halaman

5. Varises

Varises paling sering terjadi di area tungkai terutama betis. Varises ditandai dengan pembuluh vena yang berwarna ungu atau biru gelap dan menonjol. 

Varises bisa terjadi selama masa kehamilan atau dialami oleh orang dengan berat badan berlebih atau obesitas. Umumnya varises terjadi karena pembengkakan atau pelebaran pembuluh darah vena yang disebabkan oleh penumpukan darah dalam pembuluh tersebut.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: