Sukses

6 Manfaat Nanas Bagi Kesehatan, Bantu Tingkatkan Imunitas Tubuh

Nah, penasaran manfaat nanas bagi kesehatan tubuh? Cek di sini.

Liputan6.com, Jakarta - Nanas menjadi buah tropis yang kaya vitamin, enzim dan antioksidan yang penting untuk kesehatan tubuh. Terutama untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menguatkan tulang. 

Buah ini memiliki senyawa bermanfaat seperti bromelain dan nutrisi lain yang memberi buah manfaat kesehatannya. Nah, penasaran apa saja manfaat mengkonsumsi nanas bagi kesehatan?

Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Kamis (4/6/2020).

1. Bantu Sistem Kekebalan Tubuh 

 

Nanas mengandung banyak vitamin C, antioksidan yang larut dalam air yang dikenal untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhmu. Kehadiran enzim seperti bromelain dikenal untuk memperkuat kekebalan menangkal pilek dan infeksi.

Sebuah penelitian menunjukkan efektivitas nanas kalengan pada anak-anak sekolah dan bagaimana hal itu membantu mereka mengembangkan kekebalan terhadap beberapa infeksi bakteri dan virus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Memudahkan Pencernaan

Nanas mengandung serat makanan yang memudahkan pencernaan dan masalah terkait lambung lainnya.

Menurut American Cancer Society, enzim bromelain membantu memecah protein yang membantu proses pencernaan. Bromelain bekerja dengan memecah molekul protein ke dalam blok bangunan mereka, seperti peptide kecil dan asam amino.

3 dari 6 halaman

3. Memerangi Kanker

Sejumlah penelitian telah menemukan bahwa senyawa yang bermanfaat dalam nanas mengurangi risiko kanker. Salah satu senyawa ini adalah bromelain yang diketahui dapat melawan kanker, terutama kanker payudara dan memicu kematian sel.

Bromelain juga menekan sel-sel kanker kulit, ovarium dan usus besar dengan membuat sel-sel darah putih yang lebih efektif dalam menghambat pertumbuhan sel kanker.

4 dari 6 halaman

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Jus nanas mengandung enzim bromelain yang memetabolisme protein, yang pada gilirannya membakar kelebihan lemak perut. Semakin tinggi metabolisme, semakin tinggi tingkat lemak yang terbakar.

Menjadi buah rendah kalori, sangat cocok untuk orang yang mencoba menurunkan berat badan. Juga, kehadiran serat makanan dan air dalam nanasa mengisi perutmu untuk jangka waktu yang lebih lama, membuatmu tidak terlalu membutuhkan makanan.

5 dari 6 halaman

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kehadiran vitamin C dan vitamin antioksidan lainnya dalam nanas membantu mencegah penyakit jantung dan menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Finlandia dan Cina, nanas bisa mengurangi risiko penyakit jantung koroner. Selain itu, buah ini bisa mencegah tekanan darah tinggi karena memiliki jumlah kalium tinggi yang membantu mengendurkan pembuluh darah dan membuatmu menjaga tekanan darah yang sehat.

6 dari 6 halaman

6. Meningkatkan Kesehatan Mata

Kehadiran antioksidan seperti vitamin C dan betakaroten dalam nanas bisa membantu menurunkan risiko degenerasi makula. Ini adalah penyakit yang mempengaruhi mata seiring bertambahnya usia. 

Menurut sebuah penelitian, vitamin C bisa mengurangi risiko pembentukan katarak hingga sepertiga. Cairan di mata kaya akan vitamin C untuk membantu menjaga cairan mata dan melindunginya dari katarak, konsumsilah buah-buahan kaya vitamin C termasuk nanas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.