Sukses

Waspada Corona, Kampus di Jepang Gelar Wisuda Secara Online Pakai Robot

Liputan6.com, Jakarta Sebuah universitas di Jepang, Business Breakthrough University (BBT University) belum lama ini melakukan wisuda secara online kepada mahasiswanya. Hal ini tentu saja dilakukan sebagai bagian dari physical distancing guna mencegah penularan virus Corona Covid-19.

Upacara wisuda yang dilakukan pada Sabtu (28/3/2020) tersebut digelar di Hotel Grand Palace di Chiyoda, Tokyo. Pelaksanaannya pun terbilang unik, pasalnya pihak kampus menggunakan robot yang digunakan sebagai pengganti para wisudawan.

Ya, proses wisuda tersebut dilakukan dengan cara online dan dikendalikan oleh sebuah robot, yang kemudian dikenal dengan nama "newme". Dikutip dari Boredpanda, lewat situs resminya BBT University mengunggah foto dari hasil proses wisuda online tersebut.

 

Pada foto-foto tersebut terlihat beberapa robot yang telah dilengkapi dengan baju dan juga toga layaknya wisudawan sungguhan.  Robot-robot tersebut dilengkapi dengan layar tablet yang menampilkan wajah para wisudawan.

2 dari 2 halaman

Dioperasikan oleh para wisudawan

Robot "newme" tersebut pun dioperasikan secara langsung dari jarak jauh oleh para wisudawan. Pada acara wisuda online ini ada sebanyak empat wisudawan yaitu dua sarjana dan dua pascasarjana.

 

Sementara itu, mahasiswa lainnya dapat menyaksikan proses tersebut secara online melalui aplikasi ZOOM dan juga dapat mengirimkan pesan ucapan selamat bagi para wisudawan.