Sukses

5 Makanan Populer Ini Buat Perutmu Buncit dan Berlemak

Lemak viseral biasa disimpan di sekitar hati, pankreas, dan usus.

Liputan6.com, Jakarta Lemak viseral biasa disimpan di sekitar hati, pankreas, dan usus. Tak seperti lemak subkutan (lemak yang biasa ditemukan di bawah kulit), lemak ini memainkan peran dalam keseimbangan hormon dan disertai dengan peningkatan risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan masalah tiroid.

Berikut ini beberapa makanan populer yang bila dikonsumsi secara tak seimbang, dapat membuat perut Anda buncit dan menggelembung. Melansir dari Brightside.me, ini dia.

1. Karbohidrat olahan

Nasi putih adalah salah satu sumber karbohidrat olahan yang paling umum bersama dengan pasta dan roti putih. Menurut sebuah penelitian, karbohidrat olahan sering dikaitkan dengan peningkatan lemak viseral.

Beralih ke nasi, pasta, dan roti yang terbuat dari gandum dapat membantu Anda memproses karbohidrat dengan lebih baik karena mengandung lebih banyak serat.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Fruktosa

Soda dan penganan manis yang biasa Anda beli di supermarket dikemas dengan gula halus dan/atau fruktosa. Di sebagian besar selai komersial misalnya, mereka dibuat untuk mempertahankan kandungan buah kecil mereka.

Selai modern dapat terdiri dari hingga 60% pemanis. WHO merekomendasikan makan tak lebih dari 50 gram gula sehari. Ini setara dengan kurang dari sebotol cola.

 

3 dari 5 halaman

3. Makanan kaya lemak yang tak seimbang

Banyak yang bertanya bagaimana burger dan kentang goreng bisa sangat buruk jka hanya berisi daging dan roti. Namun menurut ahli gizi, semuanya terletak pada keseimmbangan.

Kebanyakan burger dan kentang goreng tinggi dengan kandungan lemak. Padahal biasanya sayuran membantu Anda mencerna berkat vitamin dan antioksidannya. Jelas, burger dan kentang goreng makanan cepat saji atau hot dog hampir tak mengandung cukup sayuran untuk menyeimbangan kadar lemak.

 

4 dari 5 halaman

4. Makanan kaya lemak trans

Lemak trans telah ditunjukkan sebagai salah satu penyebab utama penciptaan lemak aktif. Kue dan keripik sering mengandung sirup jagung fruktosa dosis tinggi, ditambah lemak trans. Makanan umum lainnya seperti sirup maple yang telah dicampur, frozen pizza, frozen food, kopi, atau margarin juga dikemas dengan lemak trans.

 

5 dari 5 halaman

5. Gula halus

Cokelat granola dan bahkan granola biasa dengan buah kering - sering dianggap sehat - sangat tinggi gula dan lemak, serta cuma mengandung sedikit atau tak ada serat sama sekali.

Asupan gula yang tinggi telah dikaitkan dengan lemak viseral. Karena sarapan sereal misalnya, termasuk dalam kelompok karbohidrat olahan juga. Hasilnya akan sama seperti bila Anda makan nasi putih tiap hari dalam jumlah tinggi. Alternatif yang baik adalah oatmeal bebas gula yang memiliki lebih banyak serat dan sedikit atau tanpa tambahan gula.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.