Sukses

9 Kebiasaan Orang Indonesia Ini Dianggap Unik oleh Orang Asing

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia dikenal dengan kekayaan alamnya. Bagaimana tidak, Indonesia memiliki ribuan pulau yang dilengkapi dengan begitu banyak sumber daya alam.

Tak hanya kekayaan alam, Indonesia juga terkenal dengan keberagamannya. Indonesia memiliki lebih dari 300 kelompok etnik atau tepatnya 1.340 suku bangsa menurut sensus BPS tahun 2010.

Indonesia juga kerap menjadi sorotan dunia lain lantaran banyak hal-hal unik di dalamnya, baik yang dimiliki alamnya maupun hal-hal yang kerap dilakukan oleh warga Indonesia yang tak pernah mereka lakukan sebelumnya. Seperti sederet hal-hal berikut ini:

1. Mandi dua kali sehari

Banyak beberapa wilayah di Indonesia yang mengalami dua musim yang sangat ekstrem, yaitu kekeringan saat musim kemarau dan banjir di musim hujan.

Lantaran cuaca ini mayoritas orang Indonesia mandi dua kali dalam sehari, seperti pagi dan sore atau pagi dan malam hari. Hal ini tak pernah dilakukan oleh orang asing, mereka bahkan mandi dalam dua atau tiga kali sehari.

2 dari 9 halaman

2. Nyeker

Di beberapa wilayah di luar ibu kota, banyak orang yang kemana-mana bertelanjang kaki atau "nyeker". Terlebih lagi bagi mereka yang tinggal di desa, bertelanjang kaki sambil menempuh jarak jauh merupakan hal biasa bagi mereka.

3 dari 9 halaman

3. Berdagang di trotoar

Di negara-negara lain selain Indonesia, trotoar umumnya digunakan oleh para pedestrian berlalu lalang. Namun di Indonesia, sudah menjadi pemandangan yang biasa melihat trotoar digunakan oleh pedagang kaki lima berjualan atau menjadi tempat parkir tukang ojek.

4 dari 9 halaman

4. Sampah berserakan di jalanan

Sudah menjadi hal yang lumrah melihat sampah berserakan di pinggir jalan atau di sungai di kota-kota di Indonesia. Belum lagi minimnya rasa peduli pada lingkungan membuat banyak warga yang seenaknya membuang sampah di jalanan. Ini menjadi hal yang aneh bagi beberapa orang asing.

5 dari 9 halaman

5. Menyebrang jalan seenaknya

Mungkin menjadi hal yang mengagetkan bagi orang asing ketika menyebrang di jalanan di Ibu Kota. Banyak orang yang menyeberang jalan di tempat-tempat yang dilarang bahkan membahayakan.

6 dari 9 halaman

6. Pengemis

Begitu banyak pengemis dan gelandangan yang berkeliaran di kota-kota besar di Indonesia. Para pengemis bahkan banyak yang beroperasi di bus, tempat-tempat makan atau di pinggir-pinggir jalan.

Bahkan tak sedikit yang mengemis di lampu merah. Tak hanya orang dewasa yang menjadi peminta-minta, namun juga banyak anak-anak. Keberadaan mereka kadang kerap mengganggu orang lain.

7 dari 9 halaman

7. Musik

Tak sedikit selera musik orang Indonesia, yang terinspirasi dari musisi-musisi barat. Namun,meski begitu musisi lokal juga tetap eksis. Kebanyakan musik yang populer di Indonesia adalah lagu-lagu cinta atau patah hati.

8 dari 9 halaman

8. Obat herbal

Banyak orang Indonesia yang masih meyakini khasiat jamu sebagai penyembuh penyakit. Alih-alih pergi ke dokter, tak jarang mereka justru memilih pengobatan tradisional untuk menyembuhkan penyakit yang dialami.

9 dari 9 halaman

9. Kuku panjang

Banyak orang di wilayah pedalaman, khususnya laki-laki yang memelihara kukunya hingga panjang terutama pada bagian kuku jempol tangan. Ini juga menjadi salah satu hal yang aneh di mata warga asing.

Evakuasi Harimau Sumatera yang Terjerat Selama 3 Hari
Loading