Sukses

Pakai 99 Ponsel, Seniman Ini Buat Kemacetan Palsu di Google Maps

Ulah pria ini menyebabkan kemacetan palsu, sehingga memberi kesan bahwa lalu lintas padat atau garis merah di Google Maps.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang seniman dari Jerman, baru-baru ini tengah menjadi perbincangan viral. Pria berma Simon Weckert ini berhasil membuat kemacetan virtual palsu di Google Maps dengan menyeret troli mainan anak yang berisi hampir 100 ponsel.

Melansir World of Buzz, Kamis (6/2/2020), Simon berjalan di sepanjang kawasan Berlin, dengan sebuah troli mainan anak penuh ponsel. Ulahnya tersebut menyebabkan kemacetan palsu, sehingga memberi kesan bahwa lalu lintas padat atau garis merah di Google Maps.

"Dengan membawa smartphone di jalan, saya bisa menghasilkan lalu lintas virtual yang akan menavigasi mobil di rute lain. Ironisnya hal itu bisa menghasilkan kemacetan nyata di tempat lain di kota ini," kata Simon.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menyewa 99 Ponsel

Untuk melakukan ini, Simon menyewa 99 ponsel dan bahkan membeli 99 kartu SIM online.

Dia kemudian menghabiskan beberapa jam di setiap jalan, berjalan lambat dengan kecepatan 10km/jam sambil membawa troli penuh ponsel sampai jalan tertentu di Google Maps menjadi merah.

 

3 dari 3 halaman

Project #googlemapshacks

Dalam aksi project #googlemapshacks ini dia berhasil membuktikan bahwa percobaan yang dibuatnya membuka tabir kelemahan peta digital.

Dia membandingkan kondisi yang macet di peta digital dengan kondisi jalanan sepi yang dilaluinya. Itu berarti Google Maps hanya memantau sinyal ponsel untuk informasikan kondisi sebuah jalan. Sistem crowdsource data peta digital mengartikan gerak lambat puluhan ponsel di troli Simon sebagai kemacetan lalu lintas. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.