Sukses

6 Cara Sederhana Mencegah Kerusakan Gigi dan Menyembuhkannya

Gigi sama seperti bagian tubuh lainnya, butuh perawatan dan perhatian yang tepat.

Liputan6.com, Jakarta - Gigi sama seperti bagian tubuh lainnya, butuh perawatan dan perhatian yang tepat. Jika tak suka mengunjungi dokter gigi, Anda dapat mencoba mencegah kerusakan gigi sendiri.

Berikut ini beberapa trik sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kerusakan gigi atau bahkan membalikkan gigi berlubang. Dilansir dari Brightside.me, ini dia.

1. Bersihkan dan ganti sikat gigi secara teratur

Pilihlah selalu sikat yang kecil atau sedang, pastikan bulunya dapat menjangkau celah-celah geraham tempat sisa makanan bersembunyi.

Jangan gunakan penutup sikat gigi karena justru dapat melindungi mikroorganisme dan bakteri. Sebagai gantinya, cukup bilas sikat dengan air tiap habis dipakai, dan biarkan hingga kering. Jangan tinggalkan sikat gigi di toilet serta biasakan menggantinya secara teratur.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Mengunyah permen karet tanpa gula

Siapa sangka mengunyah permen karet tanpa gula sebenarnya bisa membantu Anda mencegah kerusakan gigi. Kebanyakan perman karet tanpa gula mengandung xylitol.

Tidak seperti makanan, xylitol tidak menyebabkan pertumbuhan bakteri di mulut Anda. Plus, ketika Anda mengunyah, mulut Anda dipenuhi air liur yang secara alami dapat membersihkan sisa makanan.

 

3 dari 6 halaman

3. Melakukan rutinitas perawatan gigi dasar

Lakukan langkah-langkah ini di rutinitas perawatan gigi Anda di pagi hari dan sebelum tidur: sikat gigi selama dua menit setidaknya dua kali sehari; pakailah benang gigi; gunakan obat kumur.

 

4 dari 6 halaman

4. Kunjungi dokter gigi untuk pembersihan rutin

Kunjungan rutin ke dokter gigi mungkin bukan prosedur menyenangkan. Tapi lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan? Dokter gigi akan membantu membersihkan bagian yang sulit dijangkau atau luput dari perhatian Anda.

 

5 dari 6 halaman

5. Mengubah kebiasaan makan

Mengubah kebiasaan makan dan beralih ke diet sehat membantu meningkatkan kesehatan Anda. Kurangi kebiasaan mengonsumsi gula dan pemanis buatan, konsumsi lebih banyak kalsium yang menjadi komponen penting tulang dan gigi. Makan produk susu tiap hari seperti susu, yogurt, dan keju.

 

6 dari 6 halaman

6. Menambahkan suplemen dan vitamin ke dalam makanan

Untuk menambah air liur, konsumsi lebih banyak makanan kaya serat seperti buah-buahan, kacang-kacangan, dan sayur-sayuran. Makan gandum utuh dan makanan laut juga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.