Sukses

Tak Hanya untuk Bau Mulut, Ini 4 Manfaat Obat Kumur dalam Kehidupan Sehari-hari

Liputan6.com, Jakarta Beberapa orang menggunakan obat kumur untuk membersihkan dan menghindarkan bau mulut. Namun selain itu, obat kumur juga bisa digunakan untuk hal lain.

Jika Anda mencari di internet, beberapa orang memberikan tips kegunaan obat kumur untuk hal lain seperti kecantikan dan kebersihan. Beberapa jenis obat kumur memang mengandung alkohol sehingga bisa dijadikan bahan pembersih.

Meski misalnya harga obat kumur tidak sebanding dengan bahan pembersih sesungguhnya, obat kumur bisa digunakan sebagai alternatif. Apalagi jika ada obat kumur tak terpakai atau ternyata Anda tidak cocok menggunakan obat kumur tapi terlanjur membelinya.

Citizen6-Liputan6.com melansir dari beberapa sumber seperti tulisan Jessica Kielman di eHow dan Anushka di Expert Home Tips, berikut beberapa kegunaan obat kumur untuk kebersihan.

2 dari 6 halaman

1. Membersihkan kloset

Jika sedang tidak ada pembersih kloset atau toilet, tapi ada obat kumur, Anda bisa mengandalkan obat kumur itu. Cara pengaplikasiannya pun mirip dengan pembersih kloset pada umumnya.

Untuk membersihkan kloset, coba tuangkan segelas obat kumur ke kloset. Diamkan sekitar 30 menit. Sikat dengan sikat toilet untuk menghilangkan kotoran. Lalu siram seperti biasanya.

3 dari 6 halaman

2. Mesin cuci dan cucian

Jika mesin cuci Anda kotor, Anda bisa coba membersihkannya dengan obat kumur. Caranya, tuangkan segelas obat kumur ke dalam mesin. Lalu, jalankan mesin cuci. Antiseptik dari obat kumur bisa membersihkan mesin cuci Anda dari kotoran dan jamur.

Selain itu, beberapa orang juga menggunakan obat kumur untuk menyegarkan cucian yang bau seperti pakaian olahraga. Caranya cukup tambahkan obat kumur ke cucian Anda.

4 dari 6 halaman

3. Menyegarkan wastafel yang bau

Wastafel apalagi wastafel cuci piring bisa bau karena kotoran sisa makanan. Untuk membersihkannya, Anda juga bisa menggunakan obat kumur.

Caranya, tuangkan segelas obat kumur ke wastafel dan lubang pembuangannya. Diamkan sekitar 30 menit. Lalu siram dengan air hangat. Itu bisa membuat wastafel segar dan bersih.

5 dari 6 halaman

4. Membersihkan sikat gigi

Alat untuk membersihkan ini juga perlu dibersihkan, sikat gigi. Salah satu tips yang bisa Anda coba untuk membersihkannya yaitu dengan obat kumur. Caranya, tuangkan obat gigi ke dalam gelas dan rendam sikat gigi di cairan itu. Diamkan sekitar 10 menit, lalu bilas.

Penulis:

Santi Muhrianti

Universitas Padjadjaran

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Netizen Ini Bagikan Tips Membuat Presentasi Agar Terlihat Menarik
Artikel Selanjutnya
5 Tips Hadapi Rasa Kecewa dan Frustasi saat Cari Kerja