Sukses

5 Cara Mudah Beramal Selama Bulan Ramadan, Berlimpah Pahala

Liputan6.com, Jakarta - Bulan Ramadan memang identik dengan bulan penuh berkah. Banyak orang yang berlomba-lomba untuk memberi kebaikan pada bulan ini.

Perasaan bahagia saat dapat berbagi dengan orang lain, menjadi pemicu bagi banyak orang untuk melakukan amal. Melihat orang lain dapat merasakan kebahagiaan yang tidak bisa setiap hari mereka dapatkan, juga menjadi salah satu faktor pendukung.

Melalui kegiatan beramal, kita juga bisa belajar untuk saling berbagi dan rendah hati. Kegiatan amal ini juga bisa dijadikan contoh yang baik bagi anak-anak agar kelak bisa saling berbagi pada sesamanya.

Banyak sekali kebaikan yang bisa kita lakukan, dan tentu saja tidak harus mengeluarkan banyak uang. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk berbagi kebaikan.

1. Berikan Paket Kebutuhan

Ada banyak sekali pekerja atau pedagang yang tinggal jauh dari keluarga mereka saat bulan Ramadan. Banyak juga dari mereka yang tidak memiliki berbagai kebutuhan dasar untuk menunjang kehidupan sehari-hari.

Kamu bisa membantu mereka dengan menyediakan sebuah paket berisi berbagai kebutuhan dasar. Paket tersebut bisa berisi perlengkapan mandi, kurma, air mineral, makanan ringan, dan sebagainya.

Tidak harus menggunakan kotak dengan ukuran besar, kamu bisa menggunakan kotak bekas dengan ukuran apa pun asalkan bisa menampung berbagai hal tadi. Setelah kamu membuat paket tersebut, bawalah beberapa saat kamu bepergian.

Jadi setiap kali kamu meninggalkan rumah dan bertemu seseorang yang dirasa pantas menerima paket tersebut, kamu bisa memberikannya.

2 dari 2 halaman

2. Membagikan Air Mineral

Kamu bisa membeli satu boks air mineral dengan ukuran kecil atau sedang. Sesaat sebelum waktu berbuka puasa tiba, pergilah ke beberapa jalan besar, lokasi konstruksi, atau tempat ramai lainnya.

Setelah itu bagikanlah air tersebut kepada para pekerja atau pengguna jalan yang terjebak kemacetan. Mereka akan sangat terbantu dengan bantuan yang kamu berikan.

3. Melakukan Donasi Secara Online

Jika kamu tidak memiliki banyak waktu untuk berdonasi, kamu bisa memanfaatkan berbagai platform penyedia donasi secara online. Di era digital seperti ini, melakukan donasi dan zakat secara daring sudah sangat mudah dilakukan.

Kamu hanya harus memilih akan berdonasi atau berzakat di mana. Usahakan untuk memilih platform yang memberikan transparansi secara nyata dari setiap donasi yang masuk.

4. Temukan Stan Tempat Donasi

Terletak di mal, supermarket, atau bahkan tempat umum lainnya, kamu dapat dengan mudah menemukan berbagai stan penyedia donasi. Kamu bisa memilih sendiri tempat donasi tersebut secara langsung.

Donasi yang ditawarkan pun biasanya beragam. Mulai dari donasi kepada korban bencana, panti asuhan, anak yatim, pembangunan tempat ibadah, pembangunan sekolah, dan lain sebagainya. Berapa pun nominal yang kamu berikan, akan memberikan pengaruh besar bagi sang penerima donasi.

5. Membagikan Makanan atau Takjil

Jika kamu berencana untuk melakukan donasi atau sedekah bersama teman-temanmu, mungkin kamu bisa membagikan makanan atau takjil gratis selama bulan Ramadan. Makanan yang kamu berikan pun bisa beragam.

Tidak harus membeli makanan yang sudah jadi, kamu bisa memasak sendiri makanan atau takjil yang akan kamu donasikan. Berikan makanan tersebut kepada para pekerja yang kamu temui di jalan. Contohnya, pengamen, pedagang asongan, pengemis, dan lainnya.

Reporter:

Rahma Wulan Mei Anjaeni

Universitas Pendidikan Indonesia

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading