Sukses

4Tips Traveling Menyenangkan Saat Puasa Ramadan

Liputan6.com, Jakarta - Seperti yang telah kita ketahui, puasa menjadi kegiatan menahan diri dari hawa nafsu. Baik rasa lapar, haus, emosi, dan berbagai godaan lainnya.

Namun, bagi para pelancong, beberapa hal itu bisa menjadi sedikit berbeda. Bagi siapa pun yang bepergian menggunakan pesawat, mungkin akan sedikit membingungkan untuk mengetahui waktu berbuka puasa dan sahur.

Selain itu, para pelancong juga harus mencari dan mengetahui tempat mana saja yang menyediakan makanan halal. Mereka harus mencatat dan menghafalkan beberapa ruas jalan untuk ke sana.

Mereka juga harus bisa menemukan tempat ibadah, atau arah kiblat untuk salat. Untuk mempermudah perjalananmu saat berpuasa, simaklah beberapa tips berikut seperti melansir dari The National, Rabu (15/5/2019).

1. Melakukan Persiapan

Saat ini, melakukan traveling sangatlah mudah. Kewajiban dalam beribadah pun tidak menjadi beban.

Ketika kamu bepergian sebagai seorang musafir, kamu hanya perlu menyiapkan beberapa rencana awal. Kamu bisa membawa beberapa butir kurma dan sebotol kecil air mineral saat kamu bepergian. Dengan begitu, kamu bisa memiliki sesuatu untuk berbuka puasa di mana pun kamu berada.

2 dari 2 halaman

2. Perjalanan Udara

Jika kamu melakukan traveling menggunakan pesawat, beberapa maskapai akan membantu meringankan kekhawatiranmu saat berpuasa. Biasanya mereka akan menyediakan hidangan berbuka puasa di dalam penerbangan.

Selain itu, beberapa maskapai juga memiliki sebuah layar yang dapat kamu gunakan untuk menemukan waktu salat di berbagai tempat di seluruh dunia. Mereka juga biasanya menyediakan program televisi bertema Ramadan dan juga hiburan dalam bentuk audio.

Jika maspakai penerbangan yang kamu tumpangi tidak memiliki ruang untuk beribadah, jangan khawatir. Kamu tetap bisa beribadah di tempat dudukmu, dengan melakukan niat dari hatimu.

Saat melakukan traveling, kamu harus mengikuti aturan waktu di negara mana pun yang kamu tuju. Kamu harus memperhatikan waktu matahari terbit dan terbenam di mana pun kamu berada.

Jika kamu masih berada di dalam penerbangan saat waktu berbuka puasa, biasanya kru pesawat akan memberi informasi pada penumpang ketika waktu berbuka puasa telah tiba.

3. Manfaatkan Teknologi

Gunakan ponselmu dan manfaatkan teknologi untuk mempermudah kegiatan traveling-mu selama berpuasa. Kamu dapat menggunakan berbagai aplikasi untuk membantumu menemukan makanan halal, menentukan waktu salat, dan menemukan lokasi masjid terdekat.

Kamu juga bisa menemukan penginapan dan juga berbagai tempat wisata. Selain itu, kamu juga bisa mengunduh aplikasi Alquran di ponselmu.

Dengan begitu, ketika kamu memiliki waktu luang, kamu bisa membaca Alquran di mana pun kamu berada. Namun, jika kamu tidak menemukan masjid di tempat yang kamu kunjungi, kamu tetap bisa melakukan salat di mana pun, asalkan tempat tersebut suci dari najis.

4. Makan Makanan yang Tepat

Seringnya, orang akan berbuka puasa menggunakan kurma. Selain cara yang disarankan oleh Rasul, memakan kurma juga merupakan pilihan yang bagus dalam masalah gizi.

Kurma dikemas dengan mineral dan protein dan sangat baik untuk kesehatanmu. Kamu tidak perlu bingung ketika tidak bisa menemukan makanan halal. Dikarenakan, semua makanan laut merupakan makanan yang halal untuk dimakan. Jadi kamu selalu dapat menemukan sesuatu untuk dimakan.

Bahkan jika kamu tidak yakin apakah restoran tersebut halal atau tidak. Kamu dapat memilih untuk menghindari daging sapi atau domba. Sebagai gantinya, kamu bisa memilih makanan laut atau hidangan vegetarian.

Reporter:

Rahma Wulan Mei Anjaeni

Universitas Pendidikan Indonesia

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Daftar Promo Minggu Ini, dari Tiket Pesawat sampai Hotel
Artikel Selanjutnya
Deteksi Kamera Tersembunyi di Penginapan Saat Traveling dengan 4 Cara Ini