Sukses

Kembangkan Padi Unggul, Pertamina EP Panen SRI Bersama Warga

PT Pertamina EP turut berpartisipasi mengembangkan padi berkualitas unggul melalui System of Rice Intensification (SRI) di Karawang, Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta PT Pertamina EP turut berpartisipasi mengembangkan padi berkualitas unggul melalui System of Rice Intensification (SRI) di Karawang, Jawa Barat. Pengembangan padi jenis SRI ini pun memperlihatkan hasil yang memuaskan. Hal ini terlihat dari panen bersama yang diadakan pada Jumat (3/5) lalu.

Panen bersama ini turut dihadiri oleh Direktur Pemasaran Ritel PT Pertamina (Persero) Mas'ud Khamid, PT Pertamina EP Asset 3 General Manager Wisnu Hindadari dan PT Pertamina EP Subang Field Manager Armand Mel Hukom. Pada kesempatan tersebut, Mas’ud berkesempatan bertemu dengan Kelompok Tani Tirta Mukti yang berlokasi di Desa Ciranggon, Kecamatan Majalaya, Kabupaten Karawang.

Menurut Mas’ud, ada empat tugas Pertamina sebagai BUMN yaitu mendorong kemajuan ekonomi negara, mencari keuntungan yang hasilnya akan masuk ke Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), mendorong tumbuhnya Usaha Kecil Menengah (UKM), menjalankan fungsi dari sektor swasta yang tidak bisa masuk menjangkau masyarakat, dan pendampingan usaha - usaha baru.

"Beberapa tugas Pertamina sebagai BUMN salah satunya untuk mendampingi para usaha - usaha yang baru merintis seperti yang kita lakukan sekarang di Desa Ciranggon. Kita punya sumur yang ada di Bambu Besar itu jadi salah satu aset kita yang produktif. Kita harus jaga bersama oleh karena itu Pertamina juga tidak boleh lupa dengan tetangga sekitar wilayah kerja ini. Hari ini kami berikan bantuan berupa renovasi lima musola dan masjid sekitar, dan sarana prasarana program pertanian organik”, ujarnya.

PT Pertamina EP Asset 3 General Manager Wisnu Hindadari menjelaskan bahwa program padi organik (panik), merupakan salah satu program pemberdayaan binaan CSR PT Pertamina EP Asset 3 Subang Field yang diinisiasi pada tahun 2018. Jumlah luas lahan pada tahun 2018 adalah 1 Ha, sedangkan pada tahun 2019 mencapai 2 Ha. Jumlah petani yang tergabung pada tahun 2018 hanya 5 orang, saat ini ada 11 orang, dan diharapkan pada tahun-tahun selanjutnya bisa semakin bertambah.

"Tujuan dari program ini sendiri adalah mewujudkan desa penghasil beras Organik dan Sayuran Organik (Sorga). Selain itu menjadikan sumber makanan sehat tanaman obat keluarga (Toga) menjadi alternatif pilihan masyarakat dalam upaya pemeliharaan kesehatan yang aman, terjangkau dan bermanfaat serta bernilai ekonomis bagi masyarakat," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berikan Bantuan PAUD

Pada kesempatan yang sama, Pertamina EP juga memberikan bantuan kepada Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Alam Al Firdaus yang berlokasi di Desa Muktijaya, Kecamatan Cilamaya Kulon, Kabupaten Karawang.

Kepala Sekolah PAUD Alam Al Firdaus Siti Marini mengungkapkan rasa syukurnya atas bantuan yang diberikan Pertamina EP untuk pengembangan PAUD tersebut. Ada tiga program yang dikembangkan oleh PAUD Alam Al Firdaus yaitu pendidikan, ekonomi dan lingkungan.

"Dengan dukungan Pertamina ini alhamdulillah kita memiliki sarana dan prasarana yang memadai untuk kebutuhan belajar mengajar. Bukan hanya untuk murid saja, tapi juga untuk orang tua yang sedang mengantar anaknya sekolah kita berdayakan untuk membuat kreasi dari barang bekas dan pelatihannya pun dari Pertamina,” imbuhnya.

General Manager Asset 3 Wisnu Hindadari menjelaskan bahwa Program pendidikan lingkungan untuk anak (PELITA), merupakan program yang diinisiasi pada tahun 2017 dengan berangkat dari kesadaran bahwa pendidikan karakter cinta, peduli, dan sadar lingkungan itu penting diterapkan dari usia dini.

Adapun kegiatan yang telah dilaksanakan PT Pertamina EP bersama PAUD Alam Al Firdaus, antara lain adalah Pendidikan berbasis lingkungan, kegiatan Sekolah Berbayar Sampah, pelatihan peningkatan kapasitas untuk tenaga pendidik, peningkatan kapasitas untuk wali murid, dan pembentukan kawasan rumah pangan Lestari.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.