Sukses

7 Tempat Wisata Jogja Malam Hari yang Ikonik dan Jangan Kamu Lewatkan

Tempat wisata Jogja malam hari yang ikonik, jangan dilewatkan

Liputan6.com, Jakarta Jogja, merupakan kota yang menyuguhkan keelokan tak ada habisnya. Tak hanya menyajikan wisata alam, belanja, budaya dan ada pula wisata malamnya. Tak akan cukup sehari atau dua hari saja untuk mengunjungi wisata-wisata indah tersebut. Tak hanya dari dalam negeri saja, wisatawan luar negeri juga turut datang berbodong-bondong terpesona dengan keindahan Jogja.

Nah, jika kamu berkunjung ke Jogja, maka kamu harus menyaksikan keindahan malam kota ini. Romantisme Jogja di malam hari akan membuat kamu rindu dengan dan ingin kembali lagi ke kota ini. Kamu akan kangen dengan setiap suasananya yang disuguhkan. Ketika senja menjelang, suasana kota terasa begitu indah. Terlebih saat malam hari.

Tapi kira-kira tempat wisata Jogja malam hari mana aja yang wajib dikunjungi ketika di Jogja saat malam menjelang? Berikut Rabu (20/3/2019), Liputan6.com rangkum, belasan tempat wisata malam Jogja malam hari yang harus kamu kunjungi ketika liburan di Jogja.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

7 Tempat Wisata Jogja Malam Hari

1. Malioboro

Selain ikon Tugu Jogja, Malioboro adalah tempat ikonik yang harus kamu kunjungi ketika berlibur ke Jogja. Mendengar kata Malioboro tentu kamu akan membayangkan keramaian, batik dan pernak-pernik khas Jogja. Malioboro memang sudah begitu terkenal, bahkan sudah berkali-kali ke sini pun ingin ke sini lagi dan lagi.

Malioboro sangat cocok untuk dikunjungi pada malam hari, suasananya terasa begitu beda. Kamu bisa menyaksikan keindahan malam Malioboro dengan berjalan santai dan menyaksikan sekelompok orang membawakan musik menggunakan alat musik tradisional. Ditambah, Pasar Bringharjo juga ada pasar sore yang buka sampai malam hari untuk berbelanja.

2. Titik Nol Kilometer

Kawasan Nol Kilometer merupakan sejumlah bangunan peninggalan Belanda. Disebut juga dengan loji, saat malam hari bangunan-bangunan di kawasan ini dihiasi lampu merkuri kekuningan yang memancarkan kesan romantis. Di sini terdapat banyak spot foto bagi yang menyukai fotografi, selain itu banyak pedagang yang lalu lalang menjajakan kopi.

3. Alun Alun Kidul

Salah satu spot Tempat wisata Jogja malam hari yang banyak dikunjungi orang-orang di Jogja adalah alun-alun kidul. Di sana ada banyak hal yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah menyewa sepeda hias dan berkeliling.

Selain itu, wisatawan di alun-alun kidul juga bisa berwisata kuliner, karena di sana ada banyak pedagang makanan yang berjualan. Wisatawan bisa memilih makanan ringan ataupun makanan berat dan menikmati suasana Jogja di malam hari dengan teman-teman.

Alun-alun kidul juga identik dengan tradisi Masangin yang berkaitan dengan dua pohon beringin di alun-alun.

4. Tugu Jogja

Sebagai ikonnya kota Jogja. Tugu ini sekaligus adalah tanda garis batas antara Gunung Merapi dengan keraton Yogyakarta dan Pantai Selatan.

Kawasan Tugu pada siang hari, mungkin tak seramai malam hari. Banyak wisatawan yang datang ke sini hanya sekadar nongkrong atau berfoto-foto. Ada yang bilang bahwa, belum sah ke Jogja kalau belum datang dan berfoto ke Tugu.

Di sebelah selatan tugu yaitu Jalan Mangkubumi berderet angkringan warung kopi. Kopi Jos adalah minuman yang terkenal di kawasan tersebut. Harus dicoba apabila berkunjung ke kawasan Tugu Jogja.

 

3 dari 3 halaman

Tempat Wisata Jogja Malam Hari Lainnya

5. Taman Pelangi Monumen Jogja Kembali

Taman Pelangi merupakan kawasan dari Monumen Jogja Kembali. Jika kamu suka dengan suasana lampu yang terang benderang di malam hari, maka Taman Pelangi menjadi satu tempat wisata Jogja yang wajib kamu kunjungi. Kamu bisa menikmati keindahan lampu warna-warni dengan berbagai macam bentuk.

Tak hanya itu saja, kamu juga bisa menikmati wahana lainnya seperti, perahu dayung, becak mini, bola air, speed boat, rumah hantu, trampolin dan lainnya lagi. Untuk lokasinya, terletak di halaman Monumen Jogja Kembali, Ringroad Utara Jogja.

6. Bukit Bintang

Bukit Bintang berjarak kurang lebih 15km dari tengah kota Jogja. Bukit Bintang menyuguhkan pemandangan malam yang luar biasa. Di sini kamu melihat keindahan kota Jogja dari ketinggian dan menikmati lampu-lampu kota yang terlihat kerlap-kerlip dari ketinggian.

Di sini sudah ada sejumlah warung yang mendesain agar wisatawan dapat leluasa untuk menikmati pemandangan panorama tempat wisata Jogja malam hari. Bukit Bintang ini berada di Jalan Raya Yogyakarta-Wonosari.

7. Sendratari Ramayana Ballet di Candi Prambanan

Ramayana Ballet atau Sendratari Ramayana adalah pertunjukan tari dan drama yang menceritakan kisah epik Rama & Shinta dari kisah wayang Ramayana. Pertunjukan tersebut disuguhkan dalam rangkaian gerak tari dengan diiringi gamelan, dan tanpa dialog.

Untuk bisa menyaksikan penampilan wayang ini, kamu harus merogoh kocek Rp 125 ribu hingga Rp 300 ribu. Meski harganya tak murah, namun akan sebanding dengan apa yang kamu saksikan di sana. Cerita yang ditampilkan Sendratari Ramayana bakal bikin terkesan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini