Sukses

Taman Wisata Kaliurang Yogyakarta dan Tempat Rekreasi Hits di Sekitarnya

Liputan6.com, Jakarta Daerah Istimewa Yogyakarta tak hanya sekedar nama saja. Kota ini memang istimewa dengan segala kenangan indah yang membuat penghuninya merasa nyaman. Tak hanya budayanya yang sarat akan warisan nenek moyang, tempat wisatanya pun tak kalah saing. Berbagai destinasi wisata bisa ditemui di sana. Mulai dari wisata berbasis budaya, edukasi, alam, kuliner, serta yang trendy sekalipun.

Dengan pilihan yang beragam, maka tak heran jika Yogyakarta menjadi tujuan berlibur banyak orang, baik itu wisatawan domestik maupun mancanegara. Masyarakatnya yang ramah juga menjadi nilai tambah Kota Gudeg ini.

Salah satu destinasi wisata di Yogyakarta yang tak boleh dilewatkan adalah Taman Wisata Kaliurang. Taman Wisata Kaliurang terletak di kawasan lereng Gunung Merapi, tepatnya di Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Sleman, Yogyakarta. Meski lokasinya berdekatan dengan banyak destinasi lain, Taman Kaliurang wajib dimasukkan ke dalam daftar rekreasi keluarga.

2 dari 4 halaman

Taman Wisata Kaliurang

Banyak wahana permainan yang ditawarkan Taman Wisata Kaliurang yang sangat cocok untuk para keluarga yang ingin menghabiskan waktu bersama kala liburan. Berbagai fasilitas outbond seperti Flying Fox dapat ditemukan di sana. Saat memasuki area taman, pengunjung akan melihat rumah pohon Ridz High Rope.

Karena berada di dataran tinggi, tak heran jika Taman Wisata Kaliurang memiliki suhu udara yang menyejukkan sehingga membuat betah para pengunjung. Pepohonan yang hijau tumbuh dengan rimbun yang menambah keasrian taman wisata ini.

Suasana alam yang masih asri di Taman Wisata Kaliurang menjadi alasan mengapa destinasi ini sangat cocok untuk dihabiskan bersama keluarga. Terlebih lagi, menggelar tikar dan membawa bekal makanan sendiri pun diperbolehkan oleh pengelola.

Taman Kita Oreo

Pada bulan Oktober 2018 silam, Taman Wisata Kaliurang atau yang biasa disebut Taman Kaliurang saja ini mendapat tambahan fasilitas. Yaitu dengan didirikannya Taman Kita Oreo yang merupakan rancangan taman bermain buatan brand biskuit ikonik yang sering hiasi layar televisi.

Taman Kita Oreo menawarkan fasilitas yang bertujuan untuk membantu menciptakan interaksi sosial lebih dalam, tak hanya semata percakapan sederhana. Fasilitas ini diharapkan dapat membangun hubungan yang lebih baik antar pengunjung.

Tiket Masuk Taman Kaliurang

Tiket masuk ke Taman Kaliurang pun sangatlah murah, yaitu hanya Rp 8 ribu saja. Harga tersebut dinilai cukup murah mengingat banyaknya wahana yang tersedia. Namun, beberapa wahana seperti Flying Fox memerlukan tiket seharga Rp 25 ribu.

Jajanan Khas Kaliurang

Tidak hanya gudeg dan bakpia, jadah tempe juga menjadi buah tangan wisatawan saat ke Yogyakarta. Jajanan ini khas dari Kaliurang atau di sekitar lereng Gunung Merapi.

Makanan ini terbuat dari beras ketan dan berwarna putih. Salah satu jadah tempe yang paling banyak dicari wisatawan adalah jadah tempe Mbah Carik. Lokasinya tidak jauh dari patung urang yang ada di Kaliurang.

3 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Kaliurang

1. The World Landmarks Merapi Park

Surga spot selfie kekinian ini berada di kilometer 25 Jalan Kaliurang, Desa Pakembinagun, Kabupaten Sleman. Di sini ada berbagai miniatur landmark dari seluruh dunia. Spot yang paling populer tentu saja Menara Eiffel-nya. Untuk dapat berswafoto ria di tempat wisata ini, Anda hanya perlu membeli tiket masuk seharga Rp 15 ribu saja.

2. Kaliadem

Tempat wisata ini berada di kawasan Kaliurang, dekat Gunung Merapi. Di Bunker Kaliadem ini, Anda bisa belajar tentang sejarah Gunung Merapi dan refreshing sambil menikmati pemandangan gunung dan udara segar. Selain itu, Anda juga dapat berfoto dengan latar belakang Gunung Merapi yang dijamin indah.

3. Taman Bunga Matahari Helio Garden

Taman ini terletak strategis di Jalan Kaliurang km 21, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Dekat dengan Museum Merapi. Taman ini menyuguhkan bunga matahari yang cantik. Dengan harga murah yakni Rp 5 ribu, Anda sudah bisa berwisata ke taman ini.

4 dari 4 halaman

Tempat Wisata Hits di Yogyakarta

1. Pantai Nglambor

Pantai Nglambor bisa jadi alternatif wisata snorkeling. Di sana, Anda berkesempatan untuk berenang dengan ikan beraneka warna. Kalau sedang beruntung bahkan bisa bertemu dengan kura-kura laut berukuran besar.

Bagi yang malas snorkeling pun Nglambor tetap memesona dengan airnya yang biru jernih dan berombak kecil. Bikin betah selonjoran di tepian sampai sore.

2. Jogja Bay Waterpark

Jogja Bay Waterpark adalah kompleks wahana air di atas lahan seluas 7,7 hektar yang mengusung konsep bajak laut. Selain berbagai wahana air, di sini juga diselenggarakan pertunjukan bertema bajak laut. Anda wajib berswafoto dengan latar kapal bajak laut jika berkesempatan liburan di sini.

3. Tebing Breksi

Tempat ini jadi salah satu destinasi wisata Jogja terpopuler selama beberapa tahun. Sesuai namanya, di daerah Tebing Breksi Anda bisa menikmati keindahan tebing berukir yang sangat fotogenik. Relief-relief yang menghias tebing memang dibuat untuk kepentingan wisata. Tetapi tebing batuan breksinya sendiri terbentuk sejak jutaan tahun yang lalu.

Nah, itu tadi deretan taman wisata Kaliurang dan sekitarnya yang sayang banget buat dilewatkan kala berlibur di Yogyakarta.

Loading
Artikel Selanjutnya
Memperluas Jaringan, Tujuan Utama tiket.com Ubah Konsep Kantor di Yogyakarta
Artikel Selanjutnya
Deretan Keistimewaan Masjid Jogokariyan di Yogyakarta