Sukses

Paket Wisata Pangandaran, dari Pantai hingga Desa Wisata

Paket wisata Pangandaran menyajikan wisata alam yang begitu memesona.

Liputan6.com, Jakarta Bicara soal wisata, Indonesia menawarkan ribuan pilihan destinasi bagi para wisatawan. Salah satu destinasi wisata yang dikenal keindahannya adalah kawasan Pangandaran. Sempat diguncang gempa beberapa waktu lalu tak membuat wilayah Pangandaran kehilangan daya tariknya.

Pangandaran menyajikan hamparan pantai dan wisata alam lainnya yang begitu memesona. Tak hanya wisatawan lokal, wisatawan dari berbagai negarapun banyak yang menghabiskan waktunya di sini.

Pangandaran merupakan kabupaten di Provinsi Jawa Barat. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Ciamis dan Kota Banjar di utara, Kabupaten Cilacap di timur, Kabupaten Tasikmalaya di barat, serta Samudera Hindia di selatan.

Karena berbatasan langsung dengan Samudera Hindia di sebelah selatan, Pangandaran memiliki hamparan pantai yang begitu eksotis dengan deburan ombaknya. Selain itu, di kawasan Pantai Pangandaran terdapat sebuah daratan yang menjorok ke laut dan kemudian dijadikan cagar alam hingga saat ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Paket wisata Pangandaran

Pangandaran memiliki destinasi wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi saat berlibur. Hal ini dimanfaatkan bagi agen perjalanan wisata atau tur untuk menawarkan paket wisata Pangandaran.

Paket wisata Pangandaran ini cukup membantu wisatawan yang ingin menjelajah keindahan Pangandaran. Apa lagi jika wisatawan berasal dari daerah lain atau bahkan mancanegara yang tak begitu tahu rute yang akan dilewati.

Paket wisata Pangandaran merupakan pilihan yang cocok karena wisatawan sudah mendapat paket wisata lengkap seperti pemandu, tiket masuk tempat wisata, dokumentasi hingga akomodasi lainnya.

Di zaman yang serba online seperti saat ini, Anda akan dengan mudah menemukan berbagai pilihan paket wisata Pangandaran. Cukup ketikkan ‘Paket wisata Pangandaran’ di mesin pencari Google maka pilihan paket wisata Pangandaran sudah dapat Anda pilih sesuai kebutuhan. Namun, pastikan untuk memilih agen perjalanan yang terpercaya, ya.

Biasanya agen perjalanan wisata menyediakan paket wisata Pangandaran dengan berbagai pilihan durasi waktu. Seperti 1 hari 1 malam, 2 hari 1 malam, 3 hari 2 malam, paket grup dan masih banyak lagi. Biasanya dalam satu hari wisatawan dapat mengunjungi 3 sampai 4 destinasi wisata. Paket wisata ini cocok bagi Anda yang tak punya banyak waktu untuk berlibur, jadi liburan Anda sudah teragendakan dari mulai berangkat hingga pulang.

Untuk akomodasi, beberapa paket wisata Pangandaran juga menawarkan penginapan, transportasi, hingga makanan. Semua tergantung pilihan dan kebutuhan Anda. Soal tarif, paket wisata Pangandaran dapat berkisar antara Rp 200 ribu hingga jutaan rupiah tergantung layanan yang ditawarkan. Nah, apa saja destinasi wisata yang biasanya terdapat di paket wisata Pangandaran? berikut destinasi yang biasanya ditawarkan pada paket wisata Pangandaran dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (20/3/2019). 

3 dari 7 halaman

Green Canyon

Green canyon atau Cukang Taneuh merupakan sebuah ngarai yang terletak di Desa Kertayasa Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran. Ngarai ini terbentuk dari erosi tanah akibat aliran sungai Cijulang selama jutaan tahun yang menembus gua dengan stalaktit dan stalakmit yang mempesona serta diapit oleh dua bukit dengan bebatuan dan rimbunnya pepohonan.

Green Canyon menawarkan keindahan aliran sungai Cijulang yang menembus gua. Disini wisatawan dapat menikmati berbagai atraksi alam seperti body rafting, panjat tebing, berenangan, atau bersampan di sepanjang Green Canyon.

Istilah Green Canyon sendiri merupakan plesetan dari Grand Canyon yang ada di Colorado, Amerika Serikat. Tempat ini merupakan salah satu destinasi favorit yang dikunjungi saat berada di pangandaran.

4 dari 7 halaman

Cagar Alam Pangandaran

Taman Wisata Alam dan Cagar Alam Pangandaran merupakan kawasan konservasi wisata alam yang dikelola oleh Perum Perhutani. Disini terdapat berbagai macam flora dan fauna yang hidup bebas dan dilindungi dan dijaga kelestariannya.

Cagar alam Pangandaran ini terletak di semenanjung pantai Pangandaran. Selain flora dan fauna, wisatawan juga dapat menapaki jejak sejarah dengan mengunjungi berbagai peninggalan serta cagar budaya seperti situs agama Hindu, Kerajaan Galuh dan goa-goa peninggalan zaman penjajahan Jepang.

Di sini pula terdapat Goa Cirengganis yang melegenda, konon menurut kepercayaan yang terus berlangsung sampai kini, mata air dari Cirengganis dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

5 dari 7 halaman

Desa Wisata Nelayan Babakan

Salah satu destinasi wisata yang ditawarkan oleh paket wisata Pangandaran adalah desa Babakan. Desa ini menawarkan desa wisata yang bertemakan nelayan. Babakan terdiri dari lima dusun dengan karakter dan ciri khas masing-masing, namun tetap bertemakan nelayan.

Desa wisata Babakan menawarkan perjalanan wisata desa dengan menyusuri dusun yang memiliki berbagai sentra produksi seperti pengolahan udang ebi, pembuatan kerajinan, pembuatan gula merah, pembuatan ikan asin dan lainya. Anda juga bisa mencoba wisata sungai dengan melewati perkampungan nelayan dengan ciri khas tambatan perahu di belakang rumah mereka.

Di Babakan juga terdapat sentra oleh-oleh terbesar di Pangandaran, museum nyamuk pertama dan satu-satunya di Indonesia, serta konservasi mangrove lengkap dengan saung edukasinya.

6 dari 7 halaman

Pantai dan Konservasi Penyu

Karena berbatasan langsung dengan Samudera Hindia di sebelah selatan, Pangandaran menawarkan pantai berpasir putih yang menawan.

Pantai Pangandaran termasuk wisata unggulan Kabupaten Pangandaran. berlokasi di Desa Pananjung, pantai ini menghadirkan hamparan pasir putih dan air jernih yang menyejukkan mata. Di sini tersedia berbagai wahana olahraga air, seperti berenang, memancing, menyelam, perahu pesiar, jet ski, dan berkeliling dengan sepeda. Tetapi aktivitas favorit sebagian besar pengunjung adalah menikmati matahari terbenam atau matahari terbit.

Ada pula pantai Lembah Putri yang cukup populer di Pangandaran. Di sini Anda akan disajikan pemandangan laut lepas yang memesona dari lembah. Yang menarik, tempat ini memiliki miniatur Tembok Besar China alias Great Wall yang laris menjadi spot foto wisatawan.

Selain pantai Pangandaran dan Lembah Putri, ada pula pantai lain di Pangandaran yang wajib di kunjung seperti Pantai Krapyak, Batu Hiu, Batukaras, Madasari, dan masih banyak lagi.

Selain menawarkan keindahan pantai, Pangandaran juga memiliki konservasi penyu, lokasinya berada di kawasan wisata pantai Batu Hiu. Sedikitnya ada lima jenis penyu dengan ragam ukuran di tempat ini. Selain melihat dan mendapat pengetahuan baru tentang penyu, Anda juga bisa berinteraksi langsung dengan penyu yang ada di sana.

7 dari 7 halaman

Goa Lanang Selasari

Goa Lanang Selasari terletak di desa Selasari Kecamatan Parig kurang lebuh 1,5 jam dari Pangandaran. Dalam perjalanan ke lokasi Anda akan melihat pemadangan alam desa yang menawan dan unik yang menjadi bagian pengalaman dari paket body rafting.

Di dalam gua sepanjang 360 meter, ini terdapat tempat yang menyerupai kerajaan kelelawar karena terdapat banyak kelelawar di dinding atas gua tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini