Sukses

8 Tanda-Tanda Kiamat Besar Menurut Islam, Salah Satunya Dajjal Muncul

Liputan6.com, Jakarta Semua hal di dunia ini tidak ada yang abadi, begitu juga dengan alam semesta. Bahkan hingga kini, sudah ada beberapa film yang menggambarkan tentang kedahsyatan kiamat. Kiamat menjadi perdebatan yang tak habisnya. 

Meskipun prediksi kiamat tersebut terbukti tidak benar akan tetapi banyak orang yang mempercayai kiamat memang sudah dekat.  Hingga saat ini tidak ada ilmu yang dapat memastikan kapan kiamat atau hari akhir akan datang.

Lalu bagaimana kiamat menurut agama Islam? Dan apa tanda-tanda kiamat besar menurut Islam? Dalam agama Islam, iman kepada hari kiamat merupakan bagian dari rukun iman, yaitu iman kepada hari akhir.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber tanda-tanda kiamat besar menurut Islam. Jumat (15/3/2019)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Tanda-tanda kiamat kecil

Mengimani tanda-tanda hari kiamat merupakan salah satu rukun iman selain Iman kepada Allah, Malikat, rasul, Al-Quran dan yang terakhir takdir baik maupun takdir buruk.

Sebagaimana Allah berfirman di Surat Al-Anbiya ayat 104 yang berbunyi “Sebagaimana Kami telah memulai penciptaan pertama begitulah Kami akan mengulanginya, janji dari Kami, sesungguhnya Kami pasti akan melakukannya” (QS. Al-Anbiya: 104)

Dalam agama Islam membagi kiamat menjadi dua, yaitu tanda-tanda kiamat kecil dan tanda-tanda kiamat besar.  

Tanda-tanda kiamat  kecil  yaitu  tanda  yang  mendahului kiamat dalam kurun waktu yang lama dan merupakan  sesuatu  yang  dianggap  biasa.

Tanda- tanda kiamat kecil yang sangat banyak, bahkan tanda- tanda itu bisa jumpai di kehidupan kita saat ini. Beberapa tanda- tanda tersebut sudah ada sejak zaman para Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya.

Sepertinya diutusnya Nabi Muhammada SAW sebagai Rasul dan wafatnya Nabi Muhammad SAW. Kedua peristiwa tersebut merupakan tanda-tanda kiamat kecil yang ada sejak jaman Nabi Muhammad SAW dan para sahabat. 

Nabi Muhammad diutus menjadi Rasul sebagai tanda kiamat kecil karena Nabi Muhammad SAW adalah Nabi terakhir dan tidak akan lagi ada Nabi atau Rasul setelah beliau.

Tanda-tanda kiamat kecil lainnya yaitu saling berlomba meninggikan bangunan, terjadinya banyak pembunuhan, waktu yang berlalu terasa semakin singkat, sering terjadi bencana alam seperti gempa bumi dan tanah longsor dan lain sebagainya.

3 dari 6 halaman

Tanda-tanda kiamat besar menurut Islam

Kiamat besar  tidak akan terjadi, melainkan setelah muncul  beberapa  tanda-tandanya.  Sesuai dengan sebuah hadist dari Huzaifah bin Asid Al-Ghifari ra. berkata:

“Datang kepada kami Rasulullah SAW dan kami pada waktu itu sedang berbincang-bincang. Lalu beliau bersabda: “Apa yang kamu perbincangkan?”. Kami menjawab: “Kami sedang berbincang tentang hari kiamat”

Lalu Nabi SAW bersabda: “Tidak akan terjadi hari kiamat sehingga kamu melihat sebelumnya sepuluh macam tanda-tandanya”. kemudian beliau menyebutkannya:

“Asap, Dajjal, binatang besar, terbit matahari dari tempat tenggelamnya, turunnya Isa bin Maryam Alaihissalam, Ya’juj dan Ma’juj, tiga kali gempa bumi, sekali di timur, sekali di barat dan yang ketiga di Semenanjung Arab yang akhir sekali adalah api yang keluar dari arah negeri Yaman yang akan menghalau manusia ke Padang Mahsyar mereka “. (HR Muslim)

4 dari 6 halaman

Tanda Kiamat Besar: Asap, munculnya dajjal dan bintang besar.

1. Asap

Tanda-tanda kiamat besar  yaitu munculnya Asap atau  dukhan yang akan keluar dan mengakibatkan penyakit yang seperti flu di kalangan orang-orang yang beriman dan akan mematikan semua orang kafir.

2. Munculnya Dajjal

Tanda-tanda kiamat besar  yang kedua Dajjal diceritakan hanya memiliki satu mata dengan mata sebelah kanan buta. Diceritakan bahwa ia akan membawa fitnah besar yang akan merenggut keimana sehingga banyak orang yang akan mendengan seruannya.

3. Binatang Besar

Dalam ayat Al-Quran mengatakan aka nada binatang besar yang hadir di bumi untuk menunjukkan kekuasaan Allah.

“Dan apabila perkataan telah jatuuh atas mereka, Kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka bahwa sesungguhnya manusia tidak yakin kepada ayat- ayat Kami” (Qs. An Naml ayat 82)

5 dari 6 halaman

Tanda Kiamat Besar: Matahari terbit dari barat, Nabi Isa Turun, dan muncul Ya’juj dan Ma’juj

4. Matahari muncul dari barat

Tanda-tanda kiamat besar  yang keempat yaitu  matahari akan muncul dari arah matahari terbenam.

5.  Turunya Nabi Isa

Dalam surat Ali Imran ayat 55 mengatakan bahwa Nabi Isa tidaklah dibunuh oleh orang-orang Yahudi, melainkan Allah mengangkat Nabi Isa ke langit. Saat hari kiamat besar terjadi nantinya Nabi Isa diturunkan kembali ke bumi untuk membunuh Dajjal.

6. Ya’juj dan Ma’juj

Ya’juj dan Ma’juj adalah dua suku yang akan muncul pada akhir zaman. Mereka dikisahkan memiliki kekuatan sebagai perusak dan penghancur kehidupan di muka bumi, dan mereka akan berperang melawan Nabi Isa beserta pasukannya di bukit Thursina.

6 dari 6 halaman

Tanda Kiamat besar: Bumi tenggelam, munculnya api

7.  Tiga Penenggelaman Bumi

Pada hari kiamat akan terjadi penenggelaman daratan dimuka bumi yang meliputi bagian bumi bagian barat, timur serta jazirah Arab

8. Munculnya Api yang Mengumpulkan Manusia

Kiamat akan terjadi ketika api keluar dari Yaman yang akan menggiring manusia ke Syam.  Seuai dengan hadist berikut ini:

Kiamat tidak akan terjadi sampai keluar api di tanah Hijaz, yang akan menerangi leher onta daerah Bushra. (HR. Bukhari 7118 & Muslim 2902)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.