Sukses

Pantai di Malaysia Ini Dihuni Sekitar 250 Kucing, Begini Penampakannya

Kamu si pecinta kucing wajib mengunjungi pantai ini.

Liputan6.com, Jakarta Menghabiskan waktu bersama hewan peliharaan di akhir pekan adalah hal yang paling menyenangkan. Tapi bagaimana kalau kamu bisa bermain dan membantu merawat ratusan kucing yang lucu di alam bebas?

Di bagian barat laut Malaysia terdapat kawasan yang dihuni hampir sekitar 250 ekor kucing. Kawasan ini disebut sebagai Pantai Kucing atau Cat Beach di mana ratusan kucing tersebut berkeliaran bebas di pinggir pantai.

Kawasan tersebut berada di pantai Teluk Bahang yang dijalankan oleh pecinta binatang Teviot Fairservis dan nelayan local Nana Wan Chik. Fairservis adalah seorang wanita dari Connecticut, Amerika Serikat, yang memiliki ide untuk membangun sebuah cagar alam bagi kucing.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Misi ini untuk menyediakan perlindungan bagi kucing

“Cat Beach didirikan pada akhir 2014, beberapa tahun setelah saya pindah ke Penang dari Langkawi dengan delapan kucing saya.” Ucapnya seperti dilansir Liputan6.com dari website resmi catbeachpenang.com, Minggu (27/1/2019).

Fairservis mengatakan bahwa misi mereka sederhana tetapi mulia yaitu untuk menyelamatkan dan menyediakan perlindungan bagi sebanyak mungkin kucing yang tersesat atau terlantar.

Ia menghabiskan hampir 125 Ringgit Malaysia atau sekitar hampir Rp 500.000 setiap hari untuk perawatan dokter dan makanan kucing-kucingnya.

 

3 dari 4 halaman

Pantai ini juga membuka kesempatan bagi relawan yang ingin membantu

Dengan bertambahnya kucing-kucing di tempatnya, membuat Fairservis membuka pendanaan dan donasi bagi siapa saja yang ingin berkontribusi membantu kucing-kucing di kawasan tersebut. Terus bertambahnya kucing, membuatnya bergantung pada sukarelawan untuk membantunya.

"Menggunakan situs jejaring sukarela seperti HelpX dan Workaway, saya telah menjamu sukarelawan dari negara-negara di seluruh dunia seperti Pakistan dan Turki," lanjutnya.

Saat ini banyak wisatawan dan donatur yang datang ke Cagar Alam Pantai Kucing. Pantai Kucing juga membuka kesempatan bagi para volunteer.

 

4 dari 4 halaman

Pantai Kucing menerima pengunjung dari pukul 11 pagi hingga 6 sore setiap hari

Lokasi yang nyaman menjadikan mereka betah untuk bermain bersama kucing-kucing. Ada sebuah rumah kayu kecil yang menghadap ke pantai dan hutan di belakangnya, menjadikan tempat itu sebuah lingkungan yang kondusif bagi kucing untuk berkeliaran dengan bebas.

Terdapat pula kafe kucing, travelers bookshop dan lukisan-lukisan artistik kucing, Pantai Penang dan lukisan keindahan alam. Di Pantai Kucing ini juga kerap mengadakan acara atau konser penggalangan dana.

Pantai Kucing menerima pengunjung dari pukul 11 pagi hingga 6 sore setiap hari. Jika kamu berencana untuk mengunjungi Pantai Kucing, waktu yang terbaik untuk mengunjunginya adalah selama akhir pekan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.