Sukses

Naik Angkutan Umum, Ini 4 Hal yang Harus Dilakukan

Liputan6.com, Jakarta - Angkutan umum merupakan salah satu moda transportasi di Indonesia. Jenis kendaraannya yang beragam membuat sebagian orang memilih untuk menaiki transportasi alternatif ini.

Keberadaannya yang bermacam tidak serta merta diiringi dengan fasilitas baik. Terkadang  angkutan umum dicap sebagai kendaraan yang kurang nyaman dan maraknya tindak kejahatan.

Tidak sepenuhnya kendaraan umum seperti yang dibilang banyak orang, masih ada moda alternatif lain yang lebih nyaman tentunya dengan ongkos yang ramah di dompet. Pada dasarnya kejahatan terjadi karena ada kesempatan, alangkah baiknya kita harus terus berhati-hati.

Tidak perlu cemas, ini dia tips aman naik kendaraan umum dirangkum dari berbagai sumber.

1. Tepat memilih angkutan umum

Sebelum naik angkutan umum pastikan naik kendaraan yang tepat. Jika menggunakan angkot, pilih yang berkaca bening sehingga keadaan di dalam angkot dapat terlihat dari luar. Perhatikan rute trayek angkutan tersebut pastikan menggunakan angkutan yang mempunyai trayek sesuai tujuan. Tepat memilih jenis angkutan umum akan membuatmu terhindar dari kejahatan. Pastikan selalu menghiraukan ajakan dari orang yang mencurigakan atau tidak dikenal.

2. Jangan tidur di angkutan umum

Lelah seringkali menjadi alasan tidur saat di dalam angkutan umum. Sebaiknya hindari untuk tidur di dalam angkutan umum. Hal ini berbahaya karena dapat memberi kesempatan kepada orang lain untuk berbuat kejahatan. Tetap fokus dengan rute yang dituju dan siaga selama dalam angkutan umum.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

2 dari 2 halaman

3. Jangan menarik perhatian

Jika menggunakan transportasi umum hindari berpenampilan mencolok. Hindari memakai perhiasan yang berlebihan. Sibuk dengan gadget, sehingga menarik perhatian orang lain.

4. Waspada dengan sekitar

Harus selalu waspada, pastikan tas dan barang bawaan dalam pengawasanmu. Jika  merasa tidak nyaman atau mendapati orang yang bertingkah mencurigakan, sebaiknya hindari. Segera pindah tempat duduk atau turun dari angkutan umum tersebut. Bila perlu minta tolong orang lain jika keadaannya sudah tidak kondusif lagi.

Tentunya semua orang tidak ingin hal-hal yang buruk terjadi, tetap berhati-hati. Ingat, kejahatan tidak hanya terjadi karena adanya niat dari pelakunya tapi karena ada peluang dan kesempatan untuk melakukannya.

 

Penulis:

Nihlah fauziyatul Wafa