Sukses

Kenali 4 Tipe Introvert, Mana yang Cocok denganmu?

Liputan6.com, Jakarta - Mereka yang introvert seringkali dianggap sebagai orang-orang yang sangat tertutup. Terasa sulit memang untuk dapat memahami orang-orang dengan tipikal seperti ini.

Namun, taukah kamu bahwa di balik sifat dan sikap introvert yang mereka miliki, terdapat kekuatan tersendiri yang membuat mereka tetap bisa bertahan dan menjalani kehidupan sehari-hari meski terbilang jarang bersosialisasi.

Dengan memahami kekuatan introvert tersebut, dapat membantu kita mengenal individu-individu ini dengan cara yang lebih baik. Dilansir dari Boldsky.com, kami akan mengungkap kekuatan-kekuatan apa saja yang dimiliki oleh seorang introvert.

1. Kehidupan sosial orang introvert

Individu-individu ini dikenal sebagai mereka yang gemar dalam kesendirian. Mereka tidak perlu repot-repot mencari teman bahkan mengganggu kehidupan orang lain, karena mereka lebih memilih untuk berpaut pada dirinya sendiri. Mereka tidak banyak bersosialisasi dan lebih suka berada dalam kelompok-kelompok kecil dibanding bergaul dengan geng besar.

Kekuatan orang-orang ini cenderung membangun hubungan yang berarti dan juga tahu bagaiaman mengambil waktu untuk kebutuhan dan perawatan bagi diri mereka sendiri.

2 dari 3 halaman

2. Introvert cenderung pendiam

Orang-orang ini cenderung berpikir sebelum mereka berbicara atau bertindak. Butuh beberapa saat untuk dapat benar-benar memahami mereka dengan baik. Kekuatan orang-orang tipikal introvert ini lebih memiliki kebijaksanaan dan cenderung melihat hal-hal dalam gambaran atau lingkup yang lebih besar.

3. Introvert yang mudah cemas

Orang-orang ini cenderung mencari kesendirian dan tidak nyaman berada bersama dengan orang lain dalam waktu yang lama. Mereka tipikal orang yang sering memikirkan hal-hal berlebihan atau overthink.

Kekuatan yang dimiliki oleh orang-orang seperti ini adalah mereka cenderung merencanakan hal-hal jangka depan atau visioner, dan mereka juga memiliki perhatian secara mendetail. Mereka dikenal sebagai orang-orang yang mandiri.

3 dari 3 halaman

4. Introvert yang pemikir

Orang-orang tipikal ini seringkali hidup di dalam dunia mereka sendiri sehingga mereka cenderung menjadi orang yang subjektif. Kekuatan yang ada pada diri mereka adalah mereka cenderung lebih kreatif dan juga memiliki imajinasi yang hidup. 

Penulis:

Immanuela Harlita Josephine