Sukses

Dikira Air Kelapa, Kontingen Tiongkok Malah Minum Santan Kemasan

Liputan6.com, Jakarta - Publik, khususnya para pengguna jejaring sosial kini tengah diramaikan dengan beredarnya foto kontingen asal Tiogkok yang membawa santan kemasan layaknya sebagai minuman kemasan yang biasa kita konsumsi.

Foto yang pertama kali diunggah akun @rlthingy, memperlihatkan seorang pria yang mengenakan pakaian putih dengan logo bendera Tiongkok tengah sibuk merapihkan barang-barangnya di sebuah tempat. Namun uniknya, warganet tertarik dengan sebuah minuman yang dipegang di tangan kiri pria itu.

"Tolong siapapun kasih tau kontingen china ini santen bukan air kelapa. aq receh," tulis akun @rlthingy.

Minuman tersebut tampak tak asing bagi warganet. Kotak putih dengan logo kelapa yang dipegang pria itu mirip dengan santan kemasan yang biasa digunakan warganet untuk memasak maupun membuat kue.

Tingkah pria itu tentu mengundang beragam respons warganet. Banyak warganet yang menanggapinya dengan guyonan. Mereka mengatakan bahwa kontingen Tiongkok tampaknya mengira bahwa santan kemasan tersebut adalah air kelapa.

 Jadi, sebenarnya apakah santan kemasan baik untuk dikonsumsi? Berikut penjelasannya.

 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 2 halaman

Ternyata berkhasiat

Santan memang tampak hanya sebagai penambah bumbu masakan agar gurih dan enak. Namun ternyata, santan memiliki banyak manfaat bagi tubuh, khususnya yang dibutuhkan para atlet.

Untuk dapat maksimal selama latihan maupun kompetisi, atlet tentu memerlukan asupan makanan yang baik agar tenaga dan energi tetap terjaga. Melansir 3fu3l.com, Senin (27/8/2018), santan nyatanya sebagai sumber utama lemak yang mengandung Trigliserida Rantai Sedang (MCT) dan monogliserida yang baik untuk meningkatkan kinerja. Senyawa-senyawa pada santan sangat unik karena berbeda dengan sumber lemak konvensional, seperti minyak zaitun dan minyak jagung.

Selain menjadi sumber energi, ternyata santan juga memiliki manfaat tambahan lainnya. Penasaran apa saja? Berikut ulasannya.

1. Santan terbukti meningkatkan pengeluaran energi, daya tahan, memperpanjang waktu saat kelelahan, terutama selama latihan intensitas tinggi atau latihan jangka panjang. Maka tak heran jika santan digunakan untuk meningkatkan kinerja atletik.

2. Santan tidak disimpan sebagai lemak, karena mereka dimetabolisme sangat cepat. Santan juga menjadi bahan bakar untuk organ dan otot. Itu berarti, kamu bisa memanfaatkan energi dari konsumsi lemak tapi perlu khawatir dengan penimbunan lemak yang berlebih.

3. Santan bisa meningkatkan termogenesis dan oksidasi lemak, sehingga meningkatkan pembakaran lemak. Selain itu, lemak juga bisa membantu memicu mobilisasi lemak tubuh yang disimpan untuk digunakan sebagai bahan bakar. 

Nah, setelah tahu manfaat dari santan, apakah kamu tertarik untuk meminum santan layaknya yang dilakukan kontingen Tiongkok?

(Ul)