Sukses

Cara Menyimpan Santan Agar Awet dan Tak Mudah Basi

Bila cara penyimpanannya tak tepat, santan mudah rusak dan basi. Berikut beberapa tips agar santan yang disimpan awet dan tak mudah basi.

Liputan6.com, Jakarta - Santan menjadi salah satu bahan yang banyak digunakan dalam masakan Indonesia. Penggunaan santan membuat hidangan terasa gurih dan nikmat.

Saking seringnya digunakan, santan kerap disimpan dalam jumlah yang banyak. Sayangnya, bila cara penyimpanannya tak tepat, santan mudah rusak dan basi. Berikut beberapa tips agar santan yang disimpan awet dan tak mudah basi.

1. Simpan di kulkas

Di tempat terbuka, santan hanya bertahan kurang dari 1 hari. Jika ingin santan tersebut lebih awet, simpanlah di dalam kulkas, tepatnya di freezer.

2. Gunakan wadah yang tertutup

Usahakan menyimpan santan di wadah yang tertutup rapat agar kualitasnya tak berubah. Anda bisa menggunakan plastik atau wadah kedap udara untuk hal tersebut. Jangan gunakan wadah berbahan logam yang dapat membuat aroma santan berubah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Rebus terlebih dahulu

Jika Anda memiliki banyak waktu, cobalah untuk merebus santan tersebut terlebih dahulu hingga mendidih. Tunggu hingga dingin sebelum dismpan. Merebus santan terlebih dahulu akan membuatnya lebih tahan lama dan memiliki kualitas baik.

4. Santan kemasan

Untuk santan kemasan dan belum dibuka dari wadahnya, Anda cukup menyimpannya di tempat kering dan sejuk. Sedangkan bila telah dibuka, tempat di wadah tertutup lalu simpan di freezer.

5. Kelapa parut

Bila santan tersebut belum diperas dan masih berupa kelapa parut, simpanlah di dalam plastik lalu masukkan ke dalam kulkas. Sedangkan bila kelapanya belum diparut tapi telah dilepas dari batok kelapa, rendam di dalam air bersih agar tetap segar dan kandungan airnya tak berkurang banyak.

Reporter:

Rohmitriasih

Sumber: Vemale.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.