Sukses

Jual Popok Ayam, Wanita di AS Raup Keuntungan Hingga Rp 700 Juta

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah kalian berpikir bahwa ayam bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan? Hal ini yang dilakukan oleh seorang wanita bernama Julie Baker. Julie kini memiliki penghasilan bersih sekitar Rp 720 juta per tahun dari bisnisnya menjual popok ayam. Ya, mungkin kalian akan mengernyitkan dahi ketika mendengarnya. Biasanya orang tentu berbisnis daging atau telur ayam, tapi berbeda dengan Julie. 

Dikutip dari The Outline, Julie telah membangun bisnis popok ayamnya sejak 10 tahun lalu. Hal ini berawal ketika putri kecilnya sering membawa seekor ayam ke dalam rumah. Ayam tersebut tentunya kerap kali mengotori rumah dengan kotorannya. 

Julie lantas berpikir untuk membuat popok ayam. Awalnya dia membuat satu popok untuk ayam milik anaknya dengan melihat tutorial di Youtube. Popok tersebut pada awalnya dia buat sangat sederhana dengan menggunakan kain. Dengan popok ini, ayam di rumahnya bisa berkeliaran dengan bebas tanpa mengotori rumah dan lingkungan sekitar.

Nyatanya popok buatan Julie disukai oleh tetangga yang juga memelihara unggas. Mereka lantas memesan popok serupa kepada Julie. Sejak saat itu, Juli kerap menerima pesanan. Akhirnya pada tahun 2010 Julie membuka toko online yang menjual popok ayam tersebut yang disebut "Pampered Poultry".

 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

2 dari 2 halaman

Gaun Ayam

Seiring berjalannya waktu, popok yang dibuat Julie kian berinovasi. Mulai dari bahan hingga motif. Kini popok yang dibuat Julie terdiri dari banyak pilihan warna dan juga motif. Julie juga telah membuat popok tersebut bisa dicuci dengan mesin agar bisa dipakai berulang kali.

Julie bisa menjual 500 hingga 1.000 popok ayam setiap bulannya di 50 negara bagian AS. Sedangkan untuk harganya sendiri mencapai USD 18 atau sekitar Rp 270 ribu per popok. Kini tak hanya popok, Julie juga menyediakan gaun ayam yang bisa membuat unggas peliharaan kalian terlihat lebih cantik.