Sukses

Bikin Melongo, CEO Perusahaan Ini Digaji Lebih dari Rp 700 Juta Sehari

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini gaji seorang bos di sebuah perusahaan Negeri Jiran membuat publik heboh. Pria yang merupakan CEO di perusahaan tersebut mendapatkan penghasilan mencapai 71,92 juta ringgit Malaysia. Jika dikonversi ke rupiah jumlah tersebut sama dengan Rp 255,73 Miliar per tahunnya.

CEO dengan gaji fantastis itu diketahui bernama Tan Sri Sharil Shamsuddin yang merupakan CEO dari Sapura Energy Bhd. Dengan jumlah tersebut, Shahril dikatakan memiliki penghasilan sekitar Rp 711,8 Juta setiap harinya.

Terlalu tingginya penghasilan yang diterima Shahril tersebut membuat investor berusaha “mencabut”nya dari jabatan tersebut. Sayangnya, upaya tersebut tak berhasil dilakukan. Hal ini karena Shahril mendapatkan 82 persen suara di perusahaan pada RUPS per 18 Juli kemarin.

Penghasilannya ini setara dengan 1,22 persen dari total pendapatan Sapura Energy pada 2017 yang mencapai 5,89 miliar ringgit  atau Rp20,94 triliun. Tak hanya gaji pokok, Shahril juga masih mendapat insentif lainnya seperti bonus sebesar 55 Juta Ringgit atau Rp 195,57 Miliar Rupiah.

2 dari 2 halaman

Investor Geram

Gaji Shahril yang bernilai fantastis ini tentu saja membuat banyak orang menganga lebar. Tak hanya itu, investor institusional bersama Minority Shareholder Watchdog Group (MSWG), menganggap gaji CEO itu berlebihan.

General Manager MSWG, Lya Rahman, mengatakan paket pembayaran untuk CEO ini terlalu banyak dan terjadi selama bertahun-tahun. Nyatanya tak hanya CEO, Shahril juga tercatat sebagai salah satu pemegang saham Sapura Energy dengan kepemilikan mencapai 17,44 persen.

Reporter: Arie Dwi Budiawati

Sumber: Dream.co.id

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
CEO Produsen Koper Terbesar di Dunia Berhenti Usai Drama 'Doktor'