Sukses

Dipaksa Menikahi Kakak Ipar, Remaja 15 Tahun Tewas Gantung Diri

Remaja 15 tahun memilih untuk bunuh diri setelah dua jam melangsungkan pernikahan dengan kakak iparnya.

Liputan6.com, Jakarta - Apapun yang dipaksakan memang bisa berakhir tak baik. Apalagi kaitannya dengan hal yang serius seperti pernikahan. Banyak kasus pernikahan paksa kerap terjadi di India.

Beberapa pernikahan paksa yang terjadi, di antaranya dilakukan dengan rentang usia yang cukup jauh, atau terdengar seperti pernikahan di bawah umur. Seperti yang dialami oleh Mahadev Das.

Remaja 15 tahun itu dipaksa menikah dengan kakak iparnya, Ruby Devi yang usianya lebih tua 10 tahun darinya. Ruby merupakan istri abangnya, namun abang Mahadev meninggal pada 2013. Kondisi tersebut yang membuat Dev dipaksa untuk menikahi kakak iparnya tersebut.

Dev menolak pernikahan itu karena ia menganggap Ruby sudah mengurusnya seperti anak sendiri. Di samping itu, kakak iparnya juga sudah memiliki dua anak.

"Mereka terus mendesakku untuk memberikan uang atau menikahi putraku dengan Ruby," kata Chandreshwar Das, ayah Mahadev kepada Hindustan Times.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pihak kakak ipar terus memaksa untuk menikah

Chandreshwar menjelaskan bahwa ia telah mendapat kompensasi uang dari kematian anak tertuanya. Suami Ruby atau abang Mahadev merupakan seorang petugas listrik yang bekerja di perusahaan swasta.

Saat dia tewas akibat sengatan listrik, perusahaan memberikan uang sebesar Rs 80000 atau setara dengan Rp 16,6 juta sebagai kompensasi. Dari uang itu kemudian muncul paksaan dari pihak keluarga Ruby yang menginginkan uang mereka kembali setelah membayar mahar pernikahan.

Selain uang kembali, opsi yang mereka tawarkan yakni menikahi Ruby kembali. 

"Menantuku dan keluarganya menekanku untuk mengirim uang pada rekening Ruby. Aku sudah memberikan uang skitar Rs 27000 atau setara dengan Rp 5,6 juta ke akunnya dan memberikan kepastian. Namun, mereka tetap menekanku untuk terus memberikan uang atau menikahkannya dengan putraku.

3 dari 3 halaman

Memutuskan mengakhiri hidup

Dengan paksaan, akhirnya pernikahan itu dilangsungkan kembali di desa Vinoba Nagar. Pesta tersebut dihadiri oleh warga desa lainnya dengan sanak saudara.

Sayangnya, keputusan pernikahan itu justru membuat Dev tidak terima. Sampai akhirnya ia memutuskan bunuh diri dengan cara menggantung dirinya setelah dua jam menikah dengan Ruby.

Kasus bunuh diri itu akhirnya membuat keluarga yang bersangkutan dikenai tuntutan hukum dengan dakwaan penikahan di bawah umur. Meski di India, pernikahan di bawah umur merupakan tindakan yang ilegal.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.