Sukses

Jangan Sering Menahan Kencing, Ini yang Akan Terjadi pada Tubuhmu

Ini lo yang akan terjadi pada tubuh jika kalian sering menahan buang air kecil.

Liputan6.com, Jakarta - Tentu tak sedikit dari kalian yang sering menahan buang air kecil, ya? Biasanya menahan buang air kecil sering dilakukan ketika sedang melakukan suatu pekerjaan yang tanggung jika ditinggalkan untuk buang air kecil. Tak hanya itu, menahan buang air kecil juga biasa dilakukan ketika kita sedang terjebak di kemacetan.

Menahan buang air kecil tak masalah jika sesekali dilakukan, tetapi jangan jadikan ini sebagai kebiasaan ya. Nyatanya akan ada beberapa hal buruk yang terjadi pada tubuh jika kalian terlalu lama dan sering menahan buang air kecil.

Dampaknya bisa menyebabkan gangguan pada tubuh mulai dari yang ringan hingga yang berat. Lantas apa sih yang terjadi pada tubuh ketika kalian menahan buang air kecil?

Kandung kemih biasanya hanya mampu menampung dua cangkir air atau sekitar 400 gram. Jika kandung kemih kelebihan muatan, hal ini bisa menyebabkan otot di sekitarnya bekerja keras. Bila hal itu terjadi, maka akan terjadi gangguan di lantai atau dasar panggul yang mengontrol apakah kalian akan menahan atau membuang air tersebut keluar.

Selanjutnya, semakin lama menunda buang air kecil maka kandung kemih akan meregang. Hal itu ternyata dapat berpengaruh pada kerja otak yang menyebabkan otak akan kehilangan kemampuannya untuk mengetahui kapan kalian harus buang air kecil. Hal ini bisa menyebabkan kalian mengompol alias kencing di celana.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bisa Sebabkan Infeksi

Nah, jika kalian sering menahan buang air kecil, dapat memunculkan risiko infeksi saluran kemih (ISK). Itu adalah infeksi yang disebabkan adanya bakteri yang masuk ke saluran kemih. Gejalanya seperti terbakar, nyeri panggul, dan lebih sering buang air kecil. Selain itu, menyebabkan kerusakan atau infeksi ginjal.

Tentu kalian tak mau mengalaminya kan? Oleh karena itu, ada baiknya kalian mencegah hal tersebut dengan mengurangi kebiasaan menahan buang air kecil. 

Sumber: Feed Merdeka

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.