Sukses

Cegah Ponsel Meledak, Ini 5 Hal yang Harus Kalian Lakukan

Begitu banyak kasus ponsel meledak telah terjadi. Untuk menghindarinya, kalian bisa melakukan beberapa hal ini.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa dari kalian pasti sering dengar kasus ponsel meledak yang beberapa kali terjadi. Belum lama ini, bocah laki-laki asal Guanxi juga mengalami kejadian ponsel meledak yang sedang parah. Tentu saja kejadian ponsel ini tidak ingin kalian alami ya.

Oleh karena itu, kalian pasti hati-hati dengan ponsel yang sudah pasti selalu ada di mana pun kamu pergi. Berikut ini ada beberapa hal yang bisa kalian lakukan untuk menghindari ponsel meledak, apa saja?

1. Gunakan Charger yang Sesuai

Hal pertama yang harus dipastikan adalah penggunaan charger yang sesuai dengan merek ponsel yang kalian miliki. Jangan lupa untuk melepas kabel saat ponsel selesai. Bila ponsel kepanasan, korslet bisa terjadi yang mungkin saja berakibat meledak.

2. Jaga Ponsel Jangan Sampai Panas

Ponsel sangat penuh akan terasa panas. Salah satu cara untuk mengantisipasi terjadinya ledakan, selain menghilangkan isi daya yang berlebih, adalah melepas lapisan ponsel agar ponsel bisa mendingin. Hal yang sama bisa kalian lakukan saat bermain gim. Bila mulai terasa panas, letakkan dulu ponsel agar suhunya turun.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Jangan Letakkan Ponsel di Kasur Ketika Mengisi Daya

Banyak dari kalian yang sangat kecanduan dengan ponsel, sampai-sampai ada yang sering digunakan di kasur sebelum tidur. Jadi jangan letakkan ponsel di kasur atau dekat bantalmu ya.

4. Hindari Tekanan pada Ponsel

Ponsel yang bisa terjatuh bisa jadi rusak korslet, apalagi bila kualitas baterainya tidak baik. Ternyata selain karena terjatuh, ponsel yang posisinya tergencet karena juga bisa masuk baterai bocor yang berakibatkan ponsel meledak.

5. Bila Ada Kasus Ponsel yang Kalian Beli Meledak, Ganti yang Baru

Bila kalian mendengar kabar yang ada orang lain yang ponselnya meledak, dan ternyata ponsel yang meledak itu adalah ponsel yang satu tipe dengan yang kalian miliki, maka ada sih bila langsung terjaga ponsel baru. Ingat, keselamatan lebih penting dari barang dan gadget.

 

** Berita ini sebelumnya telah tayang di kanal Tekno Liputan6.com.

** Jadilah bagian dari Forum Liputan6.com dengan pengiriman artikel unik dan terkini melalui email: Forum@liputan6.com . 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.