Sukses

Lucid Dream, Saat Kita Jelajahi Dunia Mimpi Tanpa Batas

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda mendengar istilah lucid dream? Lucid dream merupakan kondisi dimana kita sadar bahwa kita sedang bermimpi. Lucid dream bisa membuat kita mengontrol mimpi, bisa menentukan sendiri tokoh-tokoh dalam mimpi dan alur ceritanya. Sederhananya kita adalah sutradara dalam mimpi kita sendiri.

Istilah lucid dream pertama kali diperkenalkan oleh Frederick (Willem) van Eeden seorang psikiater dan penulis asal Belanda. Lucid dream bukan hal yang baru di era modern. Pada abad ke delapan orang Buddha di Tibet dan Bonpo sudah mempraktekkan Dream Yoga untuk mempertahankan kesadaran saat berada di alam mimpi. Hal ini juga dijelaskan dalam buku “Dream Yoga and the Practice of Natural Light”.

1 dari 3 halaman

Kemampuan Lucid Dream Ternyata Bisa Dilatih

Orang yang dapat bebas menjelajahi mimpi disebut oneironaut. Ada dua macam lucid dream, yaitu Dream Initiated Lucid Dream (DILD) dan Wake Initiated Lucid Dream (WILD). DILD merupakan kondisi dimana kita sadar bahwa kita sedang bermimpi di tengah-tengah mimpi tersebut dan biasanya bersifat kebetulan. Sedangkan WILD merupakan keadaan lucid dream yang disengaja dan dapat dilatih.

Selain untuk bersenang-senang lucid dream bermanfaat untuk melatih hal-hal yang belum kita kuasai di dunia nyata. Misalnya seperti belajar berenang, saat kita belajar melalui lucid dream lama kelamaan di dunia nyata pun kita akan lebih mahir berenang. Lucid dream juga bisa membantu menyelesaikan masalah kita di dunia nyata. Kita bisa bercerita dengan alam bawah sadar kita tentang masalah yang sedang kita hadapi. Selain itu, lucid dream bisa mengatasi fobia atau berbagai macam rasa takut, serta meningkatkan kreativitas dan rasa percaya diri.

2 dari 3 halaman

Lucid Dream Jadi Inspirasi Film Avatar

Lucid dream juga merupakan sumber inspirasi film Avatar. Film ini dibuat dalam lucid dream nya James Cameron. Jika diperhatikan, alur dan setting film ini mirip dengan lucid dream. Film lain yang juga bercerita tentang lucid dream adalah Vanilla Sky dan Inception. Jadi, apakah anda tertarik untuk menciptakan dunia mimpi Anda sendiri?

 

Penulis:

Latif Munawar

Reporter Sahabat Liputan6.com

Jadilah bagian dari Komunitas Sahabat Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: SahabatLiputan6@gmail.com serta follow official Instagram @sahabatliputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
Magic House Dufan Tambah Seru dengan Pertunjukan Sulap The Sacred Riana
Artikel Selanjutnya
Diiringi Isak Tangis, JBJ Ucap Perpisahan lewat Konser Terakhir