Sukses

Mengharukan dan Lucu, Inilah Momen Viral Sepanjang Tahun 2017

Dalam kurun waktu selama satu tahun, tentu banyak momen viral. Namun inilah momen yang menyita perhatian warga dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Tinggal beberapa hari lagi tahun 2017 akan berganti ke tahun 2018. Dalam kurun waktu hampir satu tahun ini tentu banyak hal yang menyita perhatian kita dan menjadi kejadian yang viral.

Di indonesia sendiri mungkin ada puluhan kejadian viral dimulai dari bocah SD yang tertidur pulas di hadapan barang dagangannya hingga toko kue yang enggan menuliskan ucapan natal permintaan pelanggan.

Tidak hanya di Indonesia, kejadian viral juga banyak terjadi di dunia. Berikut 6 momen paling viral yang ada di seluruh dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Foto Selena Gomez Dengan Sahabat yang Mendonorkan Ginjalnya

Pada bulan September lalu, Selena Gomez sempat mengunggah foto yang menjadi perhatian publik dunia saat itu. Selena mengunggah foto dirinya terbaring di kasur rumah sakit bersama sahabatnya yang rela mendonorkan ginjalnya untuk Selena Gomez. Sontak foto ini menjadi viral di sosial media Instagram. Foto ini disukai orang atau mendapaikan like sebanyak 10,4 juta like di platfom Instagram. Menjadikannya foto yang mendapatkan like terbanyak setelah foto yang diunggah Beyonce.

3 dari 7 halaman

2. Foto Kehamilan Beyonce

Selain suara emasnya, kehamilan Beyonce menjadi perhatian warga dunia pada tahun ini. Istri dari penyanyi Jay-Z ini mengunggah foto kehamilannya di Instagram. Foto kehamilan Beyonce mendapatkan perhatian dari pengguna sosial media Instagram. Terbukti foto kehamilannya mendapatkan like sebanyak 11,2 juta like yang membuatnya menjadi pesohor dunia yang mendapatkan like terbanyak di Instagram. 

4 dari 7 halaman

3. Re-Tweet Untuk Nuget Gratis Selama Setahun

Pada bulan April lalu, seorang remaja membuat lelucon di Twitter. Remaja bernama Carter Wilkerson (@carterjwm) men-tweet kalimat lelucon dengan menandai sebuah waralaba makanan cepat saji Wendy's. Berikut kalimat yang di tweet Wilkerson.

"Yo @Wendys berapa banyak retweet untuk mendapatkan nuget gratis selama setahun?".

Akun Twitter Wendy's pun langsung membalas "18 juta (re-tweet)". Tweet yang di buat oleh Wilkerson sontak menjadi viral. Tweet Wilkerson mendapat re-tweet sebanyak 3,6 juta. Meskipun masih jauh dari yang ditetapkan Wendy's, Wilkerson mendapatka rekor dunia karena mendapat re-tweet terbanyak sepanjang sejarah Twitter.

5 dari 7 halaman

4. Salah Sebut Pemenang Di Ajang Bergengsi Academy Awards

Piala Oscar merupakan piala paling bergengsi untuk dunia perfilman. Bisa dibilang mendapatkan piala Oscar merupakan pencapaian tertinggi sebuah film. Dibalik ajang bergensi yang bernama Academy Award ini ada persiapan yang sangat matang sehingga terlihat sempurna saat pementasan.

Namun ternyata di tahun ini acara Academy Award memiliki kesalahan saat pengucapan pemenang kategori gambar terbaik. Hal ini terjadi saat Warren Beatty dan Faye Dunaway mengucapkan film la la land menjadi pemenang kategori gambar terbaik padahal nyatanya kategori ini dimenangi oleh film Moonlight. Kesalahan ini pun menjadi kesalahan pertama selama ajang bergengsi ini diselenggarakan.

6 dari 7 halaman

5. Diganggu Anak Saat Wawancara Langsung

Awalnya wawancara ini seperti wawancara pada umumnya. Namun yang membuat wawancara yang dilakukan melalui panggilan video ini viral yaitu saat anak prof. Robert Kelly selaku narasumber masuk ke ruangan ayahnya saat diwawancara. Video ini sontak viral karena kelucuan yang dilakukan oleh anak prof. Robert Kelly.

Di awal video, terlihat salah satu anaknya menghampiri sang ayah. Kemudian tidak lama adiknya menggunakan kereta bayi ikut masuk ke ruangan. Tidak sampai di situ, yang membuat video ini semakin lucu saat ibunya ikut masuk juga untuk mengambil kedua anak tersebut dengan cara yang tergesa-gesa. Video ini di akhiri dengan sang ibu yang menutup pintu ruangan.

7 dari 7 halaman

6. #MeToo

Terakhir, tapi juga yang paling penting, adalah gerakan anti kekerasan terhadap perempuan dengan hastag #metoo. Gerakan ini mengajak perempuan yang pernah mengalami kekerasan dan pelecehan, atau pernah menyaksikannya, untuk menceritakan pengalaman mereka di media sosial. Hasilnya, jutaan perempuan menuliskan pengalaman buruk mereka untuk menggambarkan dan menujukkan pada dunia bahwa kekerasan pada perempuan itu nyata dan berbahaya.

Terbongkar juga pelecehan seksual yang dilakukan Harvey Weinstein yang menunjukkan betapa patriarkinya dunia hiburan di Amerika. Majalah Time memilih "The Silence Breaker" sebagai Person of The Year, yaitu orang-orang yang tak hanya diam saat ada kekerasan dan pelecehan terhadap perempuan. Salah satu yang difoto untuk cover adalah pengagas #metoo, Tarana Burke.

 

Penulis

Reza Sugiharto

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.