Sukses

Jokowi Ungkap Teman Paling Nakal Saat Kuliah, Siapa Dia?

Jokowi mengungkap teman yang paling nakal sewaktu kuliah. Siapa dia?

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi bercerita tentang masa-masa di bangku kuliah saat mengunjungi Universitas Gadjah Mada (UGM), dalam rangkaian Dies Natalis ke-68. Dalam pidatonya, Jokowi mengenang saat ia menjadi mahasiswa Fakultas Kehutanan UGM angkatan 1980 dan lulus pada 1985.

Selain itu, Jokowi mengingat sewaktu kuliah, di angkatannya ia memiliki sembilan teman wanita. Namun sayangnya, banyak hadirin yang menyangkalnya.  

"Saya ingat di angkatan saya dulu ada sembilan wanita. Benar sembilan kan?" tanya Jokowi kepada teman-temannya. Para hadirin pun menjawab ada delapan wanita. "Seingat saya sembilan, yang satu ke mana waktu dulu. Jadi delapan atau sembilan? Yaudah, delapan ya," pungkasnya.

Dia pun masih ingat salah satu teman wanitanya, yang juga hadir dalam acara tersebut. "Tapi saya hafal, itu ada Mbak Lis," sambil menunjuk ke tempat duduk temannya itu. "Dia sekarang di Kementerian Kehutanan," ia melanjutkan.

Tak lupa, mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga mengungkap siapa teman yang paling nakal sewaktu kuliah.

"Kalau yang paling nakal, seingat saya Johan. Benar enggak?" tanya Presiden RI itu kepada teman-temannya. "Coba Pak Johan berdiri pak. Tapi sekarang dia sudah kelihatan bijak," ujar Jokowi yang disambut gelak tawa para hadirin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jokowi Bertemu Dosen Pembimbing Skripsi

Selain bercerita mengenai teman-teman semasa kuliah, Jokowi juga mendapat kesempatan bertemu dosen pembimbing skripsinya. Dia bahkan tak menyia-nyiakan momen langka itu untuk bercerita mengenai Pak Kasmujo, dosen pembimbing skripsinya di Jurusan Teknologi Kayu, UGM.

Jokowi mengungkap bahwa sosok Pak Kasmujo sangat galak setiap kali dirinya ingin melakukan bimbingan skripsi.

"Beliau waktu bimbing saya galak sekali. Masih ingat galak sekali. Saya lupa bolak-baliknya berapa kali. Begitu maju dibentak balik. Maju lagi dibentak, kok galak sekali. Tapi sekarang sangat bijak. Beliau sudah berubah, atau saya yang berubah," tanya Jokowi sambil tertawa.

3 dari 3 halaman

Jokowi Anggota Pencinta Alam UGM

Ketika berkuliah di UGM, Jokowi juga dikenal aktif mengikuti kegiatan pencinta alam. Sebuah foto yang diambil sekitar 30 tahun lalu menunjukkan Jokowi sedang mengabadikan momen bersama teman-teman pencinta alam UGM.

Terlihat pula tulisan dalam foto yang menjelaskan bahwa foto tersebut diambil saat kelompok itu melakukan ekspedisi pada 1983.

"Ekspedisi Gunung Kerinci Tahun 1983. Mahasiswa Pencinta Alam Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada (Mapala Silvagama)." Selain itu tertulis juga keterangan "Perubahan 30 tahun kita semua tidak ada yang tahu, pemuda jongkok berkaus hitam bersandal jepit itu sekarang menjadi RI 1."

(Ul)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.