Sukses

4 Kenangan Jokowi Saat Kuliah di Fakultas Kehutanan UGM

Jokowi menyempatkan diri untuk menengok fakultas tempatnya mengenyam bangku kuliah di Universitas Gadjah Mada (UGM).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyempatkan diri menengok fakultas tempatnya mengenyam bangku kuliah. Usai menyampaikan pidato ilmiah dalam Rapat Terbuka Universitas Gadjah Mada (UGM) sebagai rangkaian Dies Natalis ke-68, ia berjalan kaki sejauh 500 meter dari Grha Sabha Pramana menuju ke Fakultas Kehutanan.

Kedatangannya disambut meriah. Mahasiswa, dosen, dan para alumni berebutan untuk mengabadikan gambarnya. Jokowi tercatat sebagai mahasiswa Fakultas Kehutanan UGM angkatan 1980 dan lulus pada 1985.

Berikut ini empat kenangan Jokowi saat masih duduk di bangku kuliah:

1. Dosen Pembimbing

Di hadapan almamaternya, Jokowi memanggil dosen pembimbing skripsi untuk maju mendampinginya. 

"Saya menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada dosen pembimbing saya di Teknologi Kayu, Pak Kasmujo," ujar Jokowi, Selasa (19/12/2017).

Laki-laki berusia 68 tahun itu pun berdiri dari tempat duduknya dan mendatangi Jokowi. Presiden ke-7 Indonesia itu pun mengenang kesannya terhadap Kasmujo.

Dulu Jokowi memandang dosen pembimbingnya sebagai sosok yang galak. Namun, setelah lulus dia justru melihat dosennya itu bijak.

"Saya tidak ingat berapa kali saya bolak-balik bimbingan skripsi, karena begitu maju bimbingan dibentuk, balik lagi, seperti itu beberapa kali," kata Jokowi disambut tawa hadirin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Jadi Pegawai Perhutani

Jokowi juga ingat sejak kuliah bercita-cita sebagai pegawai Perhutani. Dia sempat ikut tes, tetapi tidak lolos.

Hal itu membuatnya berpikir beberapa kemungkinan, yakni apakah dirinya terlalu bodoh, tes yang tidak benar, atau banyak titipan saat pendaftaran.

"Tapi saya malah diterima jadi presiden, kalau memang sudah kehendak dan garis Tuhan seperti ini," celetuknya yang kembali direspons riuh oleh hadirin.

 

3 dari 4 halaman

3. Nomor Mahasiswa

Jokowi mengungkap rahasia di balik tanda tangannya. Ternyata, ada nomor mahasiswa saat ia masih duduk di bangku kuliah di dalam tanda tangannya.

Saat masih kuliah, Jokowi memiliki nomor mahasiswa, yaitu 1681/KT. Ia mengabadikan nomor mahasiswanya itu dalam tanda tangan.

"Lihat saja di tanda tangan saya ada 1681," kata Jokowi, Selasa (19/12/2017).

 

4 dari 4 halaman

4. Teman Kuliah

Jokowi juga menyebutkan kenangan bersama beberapa nama teman kuliahnya. Selain Sigit yang kini sudah menjadi dirjen, Johan juga disebut sebagai teman yang paling nakal.

"Tapi sekarang Johan sudah kelihatan bijak," ujarnya sembari mengarahkan pandangan ke tempat Johan duduk.

Di fakultasnya, Jokowi juga sempat melihat foto-foto lama yang dipamerkan di lobi kampus. Foto itu memotret aktivitas Jokowi semasa kuliah, mulai dari bergaul dengan teman-temannya sampai naik gunung.

Kaesang Pengarep, putra bungsu Jokowi, mendadak muncul di Fakultas Kehutanan. Ketika itu Jokowi sedang asyik berfoto bersama almamaternya sesuai menanam pohon Cendana di halaman.

Konsentrasi mahasiswi yang semula antusias dengan kehadiran Jokowi pun terpecah. Mereka mendatangi Kaesang dan memintanya untuk berswafoto.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • UGM