Sukses

Berhijab Syar'i Bukan Penghalang Meraih Mimpi

Fani Ratu Ingin Menjadi Jurnalis yang Tetap Taat Syariat

Liputan6.com, Balikpapan Tidak dipungkiri, hijab syar'i atau pakaian yang menunjukkan identitas Islam yakni kerudung dan jilbab (gamis) sekarang telah menjadi fenomena di kalangan para muslimah. Banyak kalangan aktris, anak muda, hingga ibu rumah tangga yang sudah percaya diri untuk mengenakannya.

Hanya saja, ada asumsi bahwa kalau berhijab syar'i itu kesannya 'kuno', hanya jadi penghambat dalam beraktivitas atau bahkan meraih mimpi. Hal ini jelas dipatahkan oleh mahasiswi pendidikan matematika yang akrab disapa Fani ini.

Berawal dari hobi yang digeluti sejak SMP, Fani suka dengan dunia menulis. Hobi ini ternyata mengantarkan gadis berdarah Minang ini memiliki mimpi untuk menjadi penulis di masa depan nanti.

Motivasi Fani untuk menjadi penulis memang bukan hal biasa. Menurutnya setiap orang akan meninggalkan jejak di dunia, jika ingin dikenang sebagai pengobar kebaikan maka tinggalkan lah jejak dengan buah karya yang bermanfaat.

"There is a will, there is a way". Pepatah ini pun dibuktikan oleh Fani bahwa jalan atas mimpinya pun kian terbuka. Awalnya hanya mencoba mengikuti ajang "Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina" yang digandrungi banyak anak muda Balikpapan. Ternyata 'pena nasib' berpihak pada mimpinya. Setelah melalui proses audisi, ia pun terpilih menjadi 1 dari 30 finalis CJA Balikpapan dalam kategori menulis.

Anak sulung dari tiga bersaudara ini pun tidak lantas puas dengan pencapaian yang sudah diraih. Ia pun berpendapat bahwa terpilih menjadi finalis itu baru awal dari perwujudan mimpinya. Rasa puas hanya menjadi penghambat untuk belajar, jadi kuncinya tetap belajar dan berdo'a. Besar harapan melalui ajang ini ia mampu menjadi jurnalis muda yang tetap taat kepada syariat dan juga menghasilkan karya yang bermanfaat untuk masyarakat.

 

Penulis:

Fani Ratu Rahmani - Universitas Balikpapan

Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina Balikpapan

 

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.