Sukses

Misteri Gawai di Lukisan Kuno, Bukti Penjelajah Waktu?

Liputan6.com, Jakarta - Lukisan merupakan sebuah karya yang memiliki banyak arti bagi orang yang memandangnya. Butuh keahlian yang khusus agar lukisan yang dibuat bisa menarik untuk dilihat dan memiliki nilai jual.

Tiap lukisan juga mengandung filosofi tersendiri bagi si pelukis. Jadi, tiap lukisan tidak hanya sekedar gambar, tapi ada cerita, filosofi, dan maksud dari gambar tersebut. Tidak sedikit lukisan juga mengandung hal kontroversi yang membingungkan para ahli.

Seperti lukisan satu ini yang berhasil membuat banyak orang kebingungan.

Lukisan ini berjudul "Mr. Pynchon and Settling of Springfield," yang dibuat seniman asal Italia, Umberto Romano pada tahun 1937. Lukisan itu selalu memicu perdebatan masyarakat mengenai perjalanan waktu.

Jika diperhatikan dengan seksama, kita akan melihat seorang penduduk asli Amerika memegang yang tampaknya seperti gawai. Penampilan objek dan cara pria itu memegangnya menunjukkan bahwa itu memang sebuah gawai. 

 

2 dari 2 halaman

Lukisan Itu Berlatar Abad Ke-17

Lukisan itu menggambarkan sebuah pemandangan dari abad ke-17, ketika William Pynchon yang merupakan pendiri Springfield, Massachusetts, dikelilingi oleh penduduk asli Amerika.

Lukisan itu berlatar 400 tahun lalu, jika dihitung dari tahun Romano melukis karya tersebut atau 480 tahun dari tahun sekarang ini. Sementara telepon genggam ditemukan pada 1973. Hal ini tentu membuat kita kebingungan, karena di tahun Romano melukis belum ditemukan telepon genggam atau gawai.

Namun, sejarawan Daniel Crown percaya bahwa penduduk asli Amerika hanya tertarik oleh "cermin", salah satu barang dari kekayaan harta milik Pynchon. 

"Bagi penduduk asli Amerika, cermin adalah simbol kekayaan dan kebanggaan," kata Edwin L Wade, spesialis budaya asli, dilansir dari Beyond Buckskin. Sehingga bisa dikatakan apa yang dipegang penduduk asli Amerika tersebut merupakan sebuah cermin.

Sayangnya, Romano meninggal pada tahun 1982. Dia telah meninggalkan sebuah lukisan yang penuh misteri dan membingungkan banyak orang.

Penulis:

Reza Sugiharto

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading