Sukses

Arkeolog Temukan 300 Ribu Keping Koin Kuno, Berapa Harganya?

Sebanyak hampir 300 ribu keping koin kuno yang beratnya 5,6 ton ditemukan di bawah sebuah rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Arkeolog Tiongkok mengumumkan penemuan yang luar biasa. Sebanyak hampir 300 ribu keping koin kuno yang beratnya 5,6 ton ditemukan di bawah sebuah rumah di Provinsi Jiangxi, Tiongkok.

Koin itu pertama kali ditemukan oleh penduduk setempat saat ia tengah membangun kembali rumahnya. Menurut China Daily, penduduk desa itu yakin kalau koin itu berusia seribu tahun dan merupakan pemilik tanah di wilayah itu.

Namun, setelah dilakukan penelitian, ternyata koin-koin kuno itu berasal dari Dinasti Song, sebuah periode yang berlangsung dari 960-1279 M. Menurut perhitungan, arkeolog percaya bahwa koin itu kira-kira berusia 800 tahun.

Selain itu, diduga nilai koin itu termasuk kecil pada masanya. Kurator Museum Fuliang, Feng Ruqin, mengatakan bahwa koin itu bisa jadi merupakan aset bank lokal kecil tempat orang menukar mata uang. Akan tetapi, nilai sejarah yang besar membuat nilai koin itu bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Polisi dan ahli dari Institut Arkeologi Keramik dilaporkan telah berada di lokasi penggalian sejak 22 Oktober. Sayangnya, masih butuh waktu lama untuk membersihkan karat, menimbang, mengategorikan, serta meneliti koin-koin itu untuk mendapatkan rincian lebih lanjut.

(Sul/Ul)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.