Sukses

Kobarkan Kebaikan, Mahasiswa Bandung Peduli Anak Kanker

13 mahasiswa Bandung membuat kampanye sosial Love for Cancer Kids

Liputan6.com, Jakarta Warga Indonesia dikenal dengan tradisi saling bantu-membantu. Hidup di negara dimana gotong-royong dan kerja bakti menjadi kebiasaan turun-temurun. Walaupun di ibukota DKI Jakarta sudah jarang terlihat sikap tersebut, tetapi nyatanya sikap tersebut masih terlihat di kota lain, misalnya Bandung.

Sebanyak 13 mahasiswa Bandung dengan latar belakang jurusan dan Perguruan Tinggi yang berbeda, membuat kampanye sosial yaitu Love for Cancer Kids Bandung yang didedikasikan untuk Rumah Cinta Anak Kanker (RCAK), Bandung. “Karena menurut kita semua anak punya hak yang sama untuk diajar, dihibur, terlepas dari kondisi mereka” ungkap Putrinav, perwakilan Love for Cancer Kids Bandung.

Rumah Cinta Anak Kanker (RCAK) Bandung merupakan rumah singgah bagi anak-anak penderita kanker dengan rata-rata umur 3-12 tahun. Rata-rata anak-anak penderita kanker yang singgah di RCAK Bandung merupakan para pengguna BPJS yang akan berobat atau dalam masa kemoterapi di Rumah Sakit sekitar. Selama singgah disana anak-anak penderita kanker difasilitasi tempat tidur, makan, dan kebutuhan lainnya.

Tahun 2016, Love for Cancer Kids Bandung bekerja sama dengan Association Internationale des Etudiantes en Economiques et Commerce (AIESEC) Bandung untuk mempublikasikan kampanye sosial ini, serta menggalang dana yang nantinya akan diberikan untuk anak-anak penderita kanker di RCAK, Bandung.

Tak tanggung-tanggung, dana yang didapatkan kurang lebih Rp. 7,5 juta. Tentunya dengan bantuan relawan, yaitu 12 mahasiswa asing dari Amerika, Kanada, Hungaria, Inggris, Perancis, Mesir, Jerman, Sri Lanka, China, Rusia, Meksiko dan Australia. “Mereka jadi relawan selama 6 minggu dan mereka juga membantu penggalangan dana dari negara-negara mereka” tandas Putrinav.

 

Penulis:

Maysita Are Shaska - LSPR Jakarta

Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina Jakarta

 

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.